Senin, 24 Juni 2024
BerandaKALSELSHM Bupati, Iuran BPJS Warga Tanbu Ditanggung Pemerintah Daerah

SHM Bupati, Iuran BPJS Warga Tanbu Ditanggung Pemerintah Daerah

retorikabanua.id, BATULICIN – Syafruddin H Maming (SHM) semakin disukai warga. Calon Bupati Tanah Bumbu ini selalu menawarkan program realistis dan tidak mengawang-awang.

Seperti saat kampanye di Desa Serdangan, Kecamatan Kusan Hilir, Rabu (7/10). Ia memastikan semua masyarakat di daerah ini akan ter-cover BPJS Kesehatan kelas III. Seluruh iurannya akan dibayar pemerintah daerah.

“Itu akan terjadi jika saya diberi amanah melayani masyarakat untuk periode 2021-2024,” tegas SHM.

Jaminan kesehatan, kata dia, sejatinya menjadi kewajiban negara, juga daerah, atas semua rakyatnya. “Kami bertekad mewujudkan itu, karena ini amanah undang-undang,” tandasnya.

Caranya? SHM akan memastikan masyarakat Tanbu terdaftar di BPJS Kesehatan kelas III. Sedangkan iuran bulanan dibayar oleh pemerintah daerah. Warga tidak mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis.

Syafruddin bercerita, ia dan tim sudah mengkaji kebijakan itu dan berkonsultasi dengan pihak BPJS. Hasilnya, program kesehatan gratis dengan kemitraan ini sangat mungkin direalisasikan.

“Kami tidak mau menawarkan sesuatu yang tidak realistis. Program kesehatan gratis melalui BPJS Kesehatan ini juga telah kami hitung. Secara finansial, Tanah Bumbu mampu menanggung seluruh biaya kesehatan masyarakatnya,” kata SHM.

Program yang ditawarkan SHM ini disambut meriah masyarakat. Sebagian besar mereka mengakui, kini jika berobat harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

“Memang, sekarang kembali bayar lagi kalau berobat ke rumah sakit,” kata salah seorang warga.

Sebenarnya, masyarakat Tanbu pernah mendapatkan keistimewaan dan layanan kesehatan gratis, beberapa tahun silam. Saat kepemimpinan daerah dipegang bupati terdahulu, Mardani H Maming.

Namun, program tersebut tak diteruskan setelah Mardani mengundurkan diri dari jabatan bupati.

“Saya juga tidak terlalu paham mengapa program itu tidak lagi diprioritaskan. Yang jelas, jika kami mendapat amanah, maka program kesehatan gratis akan kembali dirasakan masyarakat,” tandas SHM. (*)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI