Senin, 24 Juni 2024
BerandaKALSELBANJARMASINPemko Banjarmasin Minta Tambah Vaksin untuk Lansia

Pemko Banjarmasin Minta Tambah Vaksin untuk Lansia

BANJARMASIN – Program vaksinasi Covid-19 tahap kedua sasarannya adalah lanjut usia (Lansia) dan pelayan publik. Namun belum bisa terpenuhi sepenuhnya.

Jumlah lansia di Banjarmasin 49.780 orang, namun yang terlayani baru 7.450 orang. Angka ini masih sangat kecil. Belum optimalnya vaksin bagi lansia, sudah disampaikan Plh Wali Kota Banjarmasin Mukhyar ke Plh Gubernur Kalsel Syafrizal dalam rapat, baru-baru tadi.

“Gubernur menyampaikan, Pemko Banjarmasin tak perlu khawatir mengenai kekurangan vaksin, karena pemprov akan mengupayakan memenuhi kekurangannya,” ungkap Mukhyar menceritakan hasil pertemuan dengan gubernur.

Penuturannya, Plh Gubernur Kalsel sudah menyiapkan solusi, agar lansia di Banjarmasin bisa mendapat vaksinasi. Paling tidak sesuai target dari Kemenkes sekitar 28 ribu.

“Vaksin yang belum terserap di kabupaten/kota, lainnya yang belum terserap, akan di-drop ke Banjarmasin,” jelasnya.

Mukhyar menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan vaksin di tiap daerah, pemerintah pusat mengarahkan agar mengalokasikan sedikit anggaran daerah atau re-focusing anggaran. Namun tetap melihat kondisi anggaran daerah.

“Ada arahan dari pusat, re-focusing anggaran sebesar 8 persen, tapi kami harus melihat dulu anggaran di daerah,” ujarnya. (syl)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI