Senin, 15 April 2024
BerandaKALSELHULU SUNGAI TENGAHJembatan Darutat di Hantakan Putus

Jembatan Darutat di Hantakan Putus

BARABAI- Jembatan darurat di Desa Alat RT 02 Kecamatan Hantakan lagi-lagi putus. Kejadian ini bukan yang pertama kali. Hal ini disebabkan hujan di wilayah Pegunungan Meratus yang membuat debit air Sungai Hantakan meningkat, belum lama tadi.

Bahkan, dari laporan warga debit air naik sampai 1,5 meter. “Arus sungai deras dan membawa raba (potongan kayu dan ratik bambu),” kata Samsul, warga desa setempat.

Tak hanya satu jembatan, ternyata terdapat satu jembatan darurat yang hanyut. “Dua jembatan darurat kami putus. Karena kurang tinggi jembatannya jadi diterjang arus yang deras,” ceritanya.

Kini warga sekitar dibuat bingung. Mereka mau memperbaiki, namun tak ada biaya. Kini mereka berharap bantuan Pemerintah Kabupaten HST dan para relawan.

“Kami membuat jembatan ini gotong royong. Dananya juga dapat secara swadaya, kami sudah bersurat ke dinas terkait, namun belum ada jawaban,” ungkapnya.

Camat Hantakan Kartadipura menjelaskan, jembatan darurat tersebut memang langganan putus. Pihaknya sudah mengusulkan ke Dinas PUPR HST agar dibuatkan permanen di Desa Alat RT 2.

“Beberapa waktu lalu dari Dinas PUPR HST sudah melihat kondisi jembatan. Kalau saya dengar memang sudah dianggarkan untuk pembuatan jembatan permanen. Anggarannya mencapai Rp 1,7 miliar,” ujarnya. (jms)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI