Selasa, 21 Mei 2024
BerandaKALSELBANJARMASINRecovery Pasca Banjir, Mahasiswa FTK UIN Gelar Program Kemanusian

Recovery Pasca Banjir, Mahasiswa FTK UIN Gelar Program Kemanusian

BANJARMASIN – Sejumlah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Antasari Banjarmasin melaksanakan program kerja pengabdian masyarakat di Desa Alat, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Program ini digulirkan pasca banjir bandang di sana. Diberi tema “FTK Berdedikasi”.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak 8 sampai 14 Februari 2021. Diikuti sekitar 30 mahasiswa FTK UIN Antasari Banjarmasin.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FTK UIN Antasari Muhammad Aditya Hariyadi menyampaikan, FTK Berdedikasi adalah program kerja unggulan.

“Kegiatan itu terbagi dari berbagai bidang. Di antaranya pendidikan, keagaman, lingkungan hidup, dan kesehatan,” ujar Adit.

Untuk tiap bidang pengabdian dijalankan oleh kelompok yang dibagi rata dari total seluruh peserta, sesuai dengan bidang kerja organisasi BEM dan kemampuan.

“Pada program kesehatan, ada sosialisasi tentang protokol kesehatan dan healing psikologi untuk anak-anak agar tidak trauma setelah mengalami musibah banjir,” imbuhnya.

Sedangkan pendidikan, seperti mengajar anak-anak, menonton film tentang Save Meratus, dan mengadakan aneka lomba, seperti cerdas cermat dan menggambar.

Untuk bidang agama, membantu warga setempat membersihkan masjid, mengajarkan anak-anak baca dan tulis Alquran, melaksanakan baca Yasin dan doa tolak bala. Juga lomba azan dan tartil.

Sementara bidang lingkungan, mahasiswa membantu warga setempat membersihkan sisa sampah banjir kemarin, membuat bak sampah dari bambu dan menyosialisasikan pentingnya menjaga kelestarian alam.

“Kenapa Desa Alat yang kami pilih? Karena wilayah ini salah satu yang yerdampak parah bencana banjir,” pungkasnya. (mid)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI