Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaKALSELBANJARMASINKepala Daerah Diminta Siaga Bencana dan Menyiapkan Personel

Kepala Daerah Diminta Siaga Bencana dan Menyiapkan Personel

BANJARMASIN – Wakil Ketua DPRD Kalsel MSyaripuddin meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan guna mengantisipasi dan mitogasi potensi bencana dan cuaca ekstrem.

“Upaya mitigasi sangat diperlukan guna mengurangi tingkat risiko bencana,” kata Bang Dhin, begiti ia kerap disapa, Rabu (28/4).

Ia mengatakan, kesiapsiagaan itu harus ditingkatkan. Mengingat bencana alam dan bencana nonalam, basah maupun kering, akhir-akhir ini muncul. Salah satunya akibat siklon tropis sebagai dampak iklim global dengan eskalasi meningkat.

Bang Dhin meminta dan mengingatkan seluruh kepala daerah di Kalsel agar menyiagakan personel dan peralatan yang diperlukan dalam mendukung upaya mitigasi bencana tersebut.

Ia juga meminta masyarakat untuk selalu waspada dan meningkatkan kehati-hatian, terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana alam. Seperti daerah rawan banjir atau longsor.

“Warga yang tinggal di area perbukitan atau bantaran sungai harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” ucapnya.

Menurut Bang Dhin, gerakan kesadaran bencana di tingkat masyarakat merupakan salah satu langkah efektif dalam mendukung penguatan mitigasi dan budaya tangguh bencana. (syl)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI