Jumat, 19 April 2024
BerandaSPORTOLAHRAGATurki Hancurkan Belanda

Turki Hancurkan Belanda

RETORIKABANUA.ID, Laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, antara Turki vs Belanda di Stadion Olimpiade Ataturk, Kamis (25/3) dini hari WIB berlangsung sengit. Tim besutan Frank De Boer babak belur oleh hattrick Burak Yilmaz.

Kompetisi liga-liga domestik terhenti sementara pekan ini. Sebagai gantinya, digelar pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 yang baru akan memasuki matchday pertama. Di Zona Eropa, salah satu laga seru yang tersaji adalah di Grup G, antara Turki vs Belanda.

Turki menurunkan tim terbaik mereka, termasuk Burak Yilmaz, Hakan Calhanoglu, dan Ozan Kabak. Sementara Belanda yang diasuh Frank de Boer mengandalkan Matthijs de Ligt di belakang dan Memphis Depay, serta Donyell Malen di depan.

Turki membuka keran gol saat pertandingan baru berjalan 15 menit. Umpan Hakan Calhanoglu berhasil dimanfaatkan Burak Yilmaz untuk melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola sempat membentur Matthijs de Ligt sehingga tak bisa diantisipasi Tim Krul. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Lima menit kemudian, Belanda coba membalas. Sayangnya, tembakan Malen dari dalam kotak penalti, hasil kerja sama dengan Depay, masih terlalu lemah, sehingga mudah diamankan Cakir.

Pada menit ke-27, giliran Memphis Depay mencoba peruntungan dengan melepas tendangan bebas dari jarak jauh. Namun, bola berhasil dihalau Ugurcan Cakir.

Peruntungan Belanda semakin memburuk ketika wasit harus menunjuk titik putih dan memberikan penalti kepada Turki di menit ke-34. Sang bek, Owen Wijndal melakukan pelanggaran kepada Okay Yokuslu di kotak terlarang.

Burak Yilmaz yang menjadi eksekutor penalti sukses menjalankan tugas untuk menggandakan keunggulan Turki. Tanpa ragu, pria berumur 35 tahun ini mengarahkan bola ke pojok kiri gawang dan membuat skor berubah jadi 2-0.

Tertinggal dua gol membuat timnas Belanda tampil lebih agresif. Tetapi, kurang maksimalnya penyelesaian akhir dan ketatnya pertahanan Ozan Kabak dkk  menyulitkan upaya mereka.

Jelang pertandingan berakhir babak pertama, Belanda mendapat peluang emas lewat sundulan de Ligt memanfaatkan sepak pojok. Sayangnya, bola sundulan masih melebar. Skor 2-0 pun bertahan hingga turun minum.

Babak kedua pertandingan yang baru berjalan 30 detik, Turki kembali mencetak gol ketiga mereka. Kali ini, gelandang serang AC Milan Hakan Calhanoglu melesatkan tembakan keras dari luar kotak penalti dan tak bisa diadang gawang Belanda, Tim Krul. Skor melebar menjadi 3-0.

Tim Oranye tak menyerah begitu saja untuk mengejar ketertinggalan. Namun, mereka justru kembali membuang peluang setelah tendangan bebas Steven Berghuis masih melenceng.

Pelatih Frank de Boer pun melakukan sejumlah perubahan dengan memasukkan Luuk de Jong, Denzel Dumfries, dan Davy Klaassen.

Pergantian itu membuahkan hasil. Di menit ke-75, kontrol sempurna Klaassen atas umpan Depay mengecoh Caglar Soyuncu sebelum melepaskan tembakan yang menembus gawang Turki. Skor berubah menjadi 3-1.

Selang satu menit kemudian, irama pertandingan semakin seru, setelah Luuk de Jong sukses mencetak gol kedua Belanda, sehingga tim negara kincir angin itu hanya tertinggal tipis 3-2.

Namun, lima menit kemudian harapan Belanda untuk menyamakan kedudukan kandas. Yilmaz mencatatkan hat-trick pada menit ke-81. Eksekusi tendangan bebasnya berhasil menembus jala Belanda. Sekaligus membawa Turki kembali menjauh dengan skor 4-2.

Di menit akhir pertandingan, Belanda mendapakan peluang emas untuk kembali memperkecil skor, setelah wasit menghadiahkan penalti. Sayangnya, Memphis Depay gagal merobek gawang Turki, Uguekan Cakir.

Skor 4-2 pun bertahan hingga peluit wasit berbunyi tanda berakhirnya pertandingan. Turki pun jadi pemenang atas Belanda di matchday 1 kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup G.

Pertandingan lain kualifikasi Piala Dunia 2022 juga tak kalah seru. Kroasia juga tumbang. Kejutan lainnya terjadi ketika Prancis dan Slovakia ditahan seri oleh tim-tim yang di atas kertas lebih lemah, sementara Portugal hanya bisa menang dengan gol bunuh diri pemain Azerbaijan, skor 1-0.

Di laga lainnya, Estonia yang sempat memimpin 1-0 akhirnya dibantai 2-6 oleh Republik Ceko. Sedangkan Belgia berhasil menghancurkan lawannya Wales dengan skor 3-1. (wal)

Berikut hasil pertandingan Zona Eropa kualifikasi Piala Dunia 2022:

Grup A:
Portugal 1-0 Azerbaijan
Serbia 3-2 Republik Irlandia

Grup D:
Finlandia 2-2 Bosnia-Herzegovina
Prancis 1-1 Ukraina

Grup E:
Belgia 3-1 Wales
Estonia 2-6 Republik Ceko

Grup G:
Gibraltar 0-3 Norwegia
Latvia 1-2 Montenegro
Turki 4-2 Belanda

Grup H:
Siprus 0-0 Slovakia
Malta 1-3 Rusia
Slovenia 1-0 Kroasia

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI