Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaKALSELBANJARMASINTPS Kuripan Dibongkar, Warga Bingung Buang Sampah

TPS Kuripan Dibongkar, Warga Bingung Buang Sampah

BANJARMASIN – Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di dekat Pasar Kuripan, Jalan Veteran Banjarmasin Timur, juga masuk target pembongkaran Tim Satgas Normalisasi Sungai dan Penanganan Banjir Pemko Banjarmasin, Kamis (4/3) pagi.

Pembongkaran TPS itu ternyata menimbulkan persoalan baru. Sebab warga bingung kemana harus membuang sampah. “Biasanya membuang sampah di TPS Kuripan. Kalau dipindah, otomatis agak sulit membuang sampah. Lebih jauh pastinya,” kata Ketua RT 17 Gang Arif, Jalan Veteran, Banjarmasin Timur, Abdullah.

Ia memahami jika pembongkaran ini merupakan langkah pemko mengatasi persoalan banjir. Tetapi, harapannya pemko bisa membangunkan TPS baru tidak terlalu jauh dari lokasi sebelumnya. “Harapannya lokasinya tidak jauh. Sebab jika lokasinya jauh, menyulitkan warga,” ujarnya.

Sementara, menurut warga Cempaka Putih, Eva mengaku setuju dengan pembongkaran TPS tersebut. Sebab letaknya yang persis di tepi jalan, tak jarang tumpukan sampahnya meluber ke jalan, sehingga cukup mengganggu lalu lintas pengguna jalan. “Tidak jarang sampah yang diangkut ke truk malah kena ke pengendara yang melintas,” tuturnya.

Ia berharap relokasinya tetap tidak jauh dari TPS asal, karena masyarakat perlu TPS yang dekat. “Jam angkut sampah tolong dievaluasi, biar sampah tidak menumpuk terlalu lama,” ujarnya.

Menangapi keluhan itu, Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Banjarmasin Marzuki meminta warga tak bingung. Meski dibongkar, masyarakat masih bisa membuang sampah di TPS tersebut. Pihaknya masih mencari tempat untuk membangun TPS baru. “Iya, sementara warga masih bisa membuang di tempat yang ada, pola angkutan akan kita sesuaikan,” ujarnya. (syl)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI