Jumat, 19 April 2024
BerandaKALSELHULU SUNGAI UTARATokoh Muda HSU Hendra Royadi Dianugerahi Gelar Astraprana Kesultanan Banjar

Tokoh Muda HSU Hendra Royadi Dianugerahi Gelar Astraprana Kesultanan Banjar

AMUNTAI – Tokoh pemuda asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), sekaligus Ketua Yayasan Sanggar Air Hendra Royadi, dianugerahi gelar Astraprana dari Kesultanan Banjar.

Hendra Rosyadi mengatakan ia bakal terus berupaya menjaga adat budaya Banjar terutama kepada para anak muda. “Selain senang juga berbangga hati dan berterima kasih atas apresiasi yang diberikan Kesultanan Banjar,” ucap Hendra Royadi, Minggu (20/6).

Sanggar Air saat ini tengah mempersiapkan pelajar SMKN 1 Amuntai mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang rencananya digelar 5 Juli 2021 mendatang. “Saat ini latihan pergelaran bersama sendratasik di Candi Agung, persiapan FlS2N,” tambahnya.

Ia berharap, pelajar HSU dapat kembali mewakili Kalimantan Selatan di ajang FlS2N seperti pada tahun 2018 lalu.
Sebelumnya, pemberian gelar Astraprana kepada Hendra Royadi dilakukan saat Peringatan Milad ke-516 Kesultanan Banjar di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Minggu (13/6/2021).

Gelar Astraprana sendiri merupakan gelar kehormatan bagi para seniman dan budayawan yang diberikan oleh Kesultanan Banjar, karena sosok yang diberikan gelar telah memberikan kiprah terbaik dalam membuat karya seni dan mendapat pengakuan, serta menginspirasi berbagai pihak terlebih juga menjaga adat tradisi serta budaya di Kalimantan Selatan. (mid)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI