Senin, 24 Juni 2024
BerandaKALSELBALANGANIni Penjelasan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Terkait Jaminan Kerja di Balangan

Ini Penjelasan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Terkait Jaminan Kerja di Balangan

PARINGIN – Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Balangan, Abdurrahman Arrahimi menjelaskan ada dua jaminan perlindungan yang diberikan pemerintah daerah. Yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Dasar hukum pelaksanaan, dari BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Balangan berdasarkan Perbub Balangan Nomor 105 tahun 2022 tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Pegawai Bukan ASN pada SKPD dan pekerja rentan di daerah.

“Berdasarkan Perbub Nomor 5 tahun 2024, tujuan pelaksanaan adalah mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera serta memiliki tingkat kehidupan yang lebih baik,” jelasnya.

Sejak Juni 2023 telah terlindungi sebanyak 39 ribu 101 pekerja rentan, dengan estimasi anggaran pertahun sebanyak Rp 7,8 miliar.

“Sepanjang program ini berjalan, sejak Juni 2023 sampai Mei 2024 sudah dibayarkan lebih dari 70 peserta, termasuk pada hari ini dengan total penerima sebanyak 87 orang dengan total pembayaran jaminan kematian yang diklaim sebesar Rp 2,9 miliar dari BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua BPJS Ketenagakerjaan Wilayah HSU, Tabalong dan Balangan, Eko mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada Bupati Balangan yang telah berani mengambil kebijakan dalam melindungi masyarakat, khususnya bagi pekerja rentan.

“Inisiasi pertama di Kalimantan langsung direspons oleh Bupati Balangan Abdul Hadi, untuk memberikan jaminan perlindungan bagi masyarakat,” tambahnya. (bii)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI