Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaTRENDANAK MUDAGeruduk Siring Banjarmasin, Sejumlah Mahasiswa Sidak Sedotan Plastik Pengunjung

Geruduk Siring Banjarmasin, Sejumlah Mahasiswa Sidak Sedotan Plastik Pengunjung

retorikabanua.id,BANJARMASIN – Pengunjung di Siring 0 Km Banjarmasin, Minggu (15/11) pagi dibuat kaget. Sekelompok mahasiswa menyambangi pengunjung dan melakukan sidak sedotan plastik.

Para mahasiswa ini tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam, Seni & Budaya (IMPAS-B) FKIP ULM. Mereka melakukan aksi sidak sedotan plastik sebagai upaya kampanye diet penggunaan plastik.

Sesuai tajuk, mahasiswa ini mencari pengunjung yang masih menggunakan sedotan plastik. Sebagai ganti, mereka menukarnya dengan waffer roll.

Selama menggelar aksi kurang lebih 2 jam, mahasiswa ini mengumpulkan setidaknya 41 sedotan plastik. Dominan, sedotan “disita” dari pengunjung yang menggunakannya untuk minum.

“Kita tidak ada paksaan kepada pengunjung. Kami menyosialisasikannya secara sukarela. Jadi siapa yang mau di-barter sedotannya akan kami ganti dengan waffer roll yang bersifat sekali pakai,” kata Ketua Umum IMPAS-B FKIP ULM Bernadus.

Diurainya, aksi ini dilatarbelakangi keperihatian terhadap disfungsi pengguna sedotan plastik. Hal itu juga sejalan dengan melonjaknya penggunaan plastik sekali pakai. Terutana sedotan.

“Kita berinisiatif untuk mengedukasi masyarakat dengan memberi wawasan singkat mengenai bahaya sampah plastik. Untuk aksinya, kami melakukan barter sedotan plastik yang masyarakat pakai dengan waffer roll yang anggota bawa tanpa unsur paksaan,” ucapnya.

Lantas bagaimana tindaklanjut dari sedotan plastik yang disita? Menurut Bernadus setelah dikumpukan, mereka akan mencoba mendaur ulang. “Ini juga kami jadikan bukti sebagai laporan untuk penelitian sederhana,” tuntasnya. (mrf)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI