Jumat, 21 Juni 2024
BerandaKALSELHULU SUNGAI UTARABNNK HSU Ikuti Peringatan HANI 2021 Secara Virtual

BNNK HSU Ikuti Peringatan HANI 2021 Secara Virtual

AMUNTAI – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Hulu Sungai Utara mengikuti Peringatan Hari Anti Narkotika International (HANI) 2021 secara virtual bersama BNN RI, Senin (28/6).

Bertempat di Mess Nagara Dipa Amuntai, kegiatan ini juga dihadiri Bupati HSU H Abdul Wahid HK, Wakil Bupati H Husairi Abdi, Ketua DPRD Almien Ashar Safari, Kapolres AKBP Afri Darmawan, Dandim 1001 HSU/Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Setriyadi, Kepala Kejaksaan Negeri HSU Novan Hadian, Ketua Pengadilan Negeri Budi Hermanto, Ketua Pengadilan Agama Rusdiansyah, Kepala BNNK H Syamsudin, dan Sekretaris Daerah Muhammad Taufik.

Dalam sambutannya Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) KH Ma’ruf Amin menyampaikan Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) sejalan dengan prioritas pembangunan nasional terkait pembangunan yang dimulai dari desa.

“Masyarakat desa merupakan ujung tombak dari pemulihan ekonomi nasional untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (GDS),” kata Ma’ruf Amin.

Ia juga mengatakan, untuk mencapai keberhasilan pembangunan nasional tersebut, maka diperlukan desa dengan lingkungan yang kondusif, aman, serta layak bagi masyarakat untuk beraktivitas dan berkreasi.

Kepala BNN RI Drs Petrus R Golose dalam laporannya menyampaikan pihaknya telah melakukan beberapa langkah strategis sebagai bentuk sinergisitas dengan menitikberatkan prekursor Narkotika Program P4GN Tahun 2020-2024.

“BNN telah melaksanakan tugas, (seperti) program Desa Bersinar di 553 desa/kelurahan, program alternatif pembangunan 14 desa di Aceh dan 128 desa kawasan rawan narkoba. BNN juga meningkatkan aksebilitas layanan rehabilitasi mulai intervensi berbasis masyarakat di 34 provinsi dan 173 kabupaten/kota,” urainya.

Kemudian, BNN juga ladang bukti 3,52 ton sabu, 5,91 ton ganja, 87,5 hektare ganja, dan 515,509 butir ekstansi yang banyak diselundupkan melalui jalur laut. (mid)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI