Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaSPORTOLAHRAGADer Panzer Dipermalukan di Kandang Sendiri

Der Panzer Dipermalukan di Kandang Sendiri

RETORIKABANUA.ID, Sejumlah pertandingan lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa telah berlangsung pada, Kamis (1/4/) dini hari WIB. Dari sejumlah pertandingan, ada satu kejutan.

Laga antara Jerman melawan Makedonia di Schauinsland Reisen Arena, Jerman secara mengejutkan dipermalukan 1-2 dari tamunya.

Di pertandingan itu, Jerman sebenarnya tampil sangat dominan, dengan melepas 11 tembakan ke gawang Makedonia Utara. Namun, dari 11 peluang, hanya dua shots on target.

Sementara Makedonia Utara lebih efektif dalam memanfaatkan peluang. Goran Pandev Cs melepas empat tembakan dengan tiga mengenai sasaran. 

Di menit awal pertandingan, sebenarnya Jerman langsung mengambil kendali permainan. Peluang pertama tuan rumah lahir dari Serge Gnabry pada menit ke-5, dilanjutkan oleh kans dari Leon Goretzka.

Tetapi, kedua pemain Bayern Muenchen tersebut belum bisa menaklukkan kiper Stole Dimitrievski.

Makedonia Utara akhirnya berhasil membuat kejutan saat injury time babak pertama. Penyerang veteran klub Italia, Genoa, Goran Pandev, membawa timnya unggul.

Catatan dari situs UEFA menyebutkan, Pandev menjadi pemain tertua yang mencetak gol ke gawang Der Panzer pada usia menginjak 37 tahun.

Ia memecahkan rekor Hans Nordahl (Norwegia) yang menjebol gawang Jerman pada usia 35 tahun pada tahun 1953.

Jerman masih berusaha memecah kebuntuan pada babak kedua. Namun, pasukan Joachim Loew menunggu hingga menit ke-61 untuk menyamakan skor.

Pelanggaran Egzijan Alioski terhadap Leroy Sane di kotak terlarang membuat wasit Sergei Karasev menunjuk titik putih.

Ilkay Guendogan yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan. Gelandang Manchester City tersebut sukses menaklukkan gawang Makedonia Utara dengan tendangan kaki kanannya.

Timo Werner punya peluang emas untuk membalikkan skor pada menit ke-80. Lolos dari kawalan pemain belakang lawan, penyerang Chelsea ini gagal melesatkan bola ke gawang Makedonia Utara.

Untuk kedua kalinya Der Panzer kebobolan dini hari tersebut, Jerman di menit 88 dikejutkan dengan aksi Eljif Elmas. Ia menyelesaikan umpan Arijan Ademi dengan tendangan kaki kanan. Dari dalam kotak penalti Jerman, melesatkan bola meluncur mulus ke gawang Ter Stegen yang tak bisa dihalaunya. Skor berubah 1-2.

Jerman semakin terpojok setelah kesulitan menembus barisan pertahanan Makedonia Utara. Sempat mendapat peluang terakhir lewat tendangan bebas, tetapi Stole Dimitrievski mementahkan kesempatan itu.

Penyelamatan Dimitrievski diikuti peluit panjang wasit dan menandai kekalahan Jerman.

Dengan kekalahan ini, Jerman gagal kembali memuncaki klasemen sementara Grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Kini tim besutan l Joachim Low tersebut berada di posisi ketiga dengan raihan 6 poin dari tiga pertandingan yang sudah mereka mainkan.

Sementara hasil positif berhasil dipetik oleh Inggris kala menjamu Polandia di Wembley Stadium. Ya, skuad The Three Lions –julukan Inggris– sukses menyelesaikan pertandingan melawan Polandia dengan kemenangan 2-1.

Dua gol kemenangan Inggris sendiri berhasil disarangkan oleh eksekusi penalti Harry Kane (19’) dan tembakan Harry Maguire (85’). Sementara gol balasan yang dicetak oleh Polandia hadir dari tembakan Jakub Moder di menit ke-58.

Kemenangan juga berhasil didapatkan timnas Spanyol kala menjamu Kosovo di Estadio Olimpico de la Cartuja. Skuad La Furia Roja menutup pertandingan melawan Kosovo dengan kemenangan meyakinkan, yakni 3-1.

Tiga gol kemenangan Spanyol sendiri berhasil dicetak oleh Dani Olmo (34’), Ferran Torres (36’), dan Gerard Moreno (75’). Sementara satu-satunya gol balasan yang berhasil dicetak oleh Kosovo dari sontekan Besar Halimi pada menit ke-70.

Hasil maksimal juga mampu didapatkan oleh Italia kala bertandang ke markas Lithuania di LFF Stadionas. Italia sendiri berhasil membawa pulang poin penuh usai menang dua gol tanpa balas dari kubu tuan rumah.

Berkat kemenangan itu, Italia berhasil menjaga posisi mereka sebagai pemuncak klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Skuad Gli Azzurri mengoleksi 9 poin dari tiga pertandingan yang sudah mereka mainkan disetiap laga.

Sedangkan Prancis hanya mampu menang 1-0 saat bertamu ke markas Bosnia dan Herzegovina, Kamis (1/4/2021) dini hari WIB.

Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann, menjadi aktor di balik gol semata wayang Les Blues, julukan timnas Perancis. (wal)

Berikut hasil lengkap pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa untuk 31 Maret hingga 1 April 2021 dini hari:

GRUP B
Yunani 1 – 1 Georgia
Spanyol 3 – 0 Kosovo

GRUP C
Irlandia Utara 0 – 0 Bulgaria
Lithuania 0 – 2 Italia

GRUP D
Ukraina 1 – 1 Kazakhstan
Bosnia Herzegovina 0 – 1 Prancis

Grup F
Moldova 1 – 4 Israel
Austria 0 – 4 Denmark
Skotlandia 4 – 0 Kepulauan Faroe

GRUP I
Andorra 0 – 4 Hungaria
Inggris 2 – 1 Polandia
San Marino 0 – 2 Albania

GRUP J
Armenia 3 – 2 Rumania
Jerman 1 – 2 Makedonia Utara
Liechtenstein 1 – 4 Islandia

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI