Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaSPORTOLAHRAGAChelsea Tunda Pesta Juara Manchester City

Chelsea Tunda Pesta Juara Manchester City

RETORIKABANUA.ID, MANCHESTER – Laga seru tersaji di pekan ke-35 Liga Inggris, ketika Manchester City menjamu Chelsea, Minggu (09/05/21) pukul 00.30 dini hari WITA. Diwarnai blunder Sergio Aguero, Chelsea sukses tunda pesta juara City.

Sebenarnya kemenangan akan membawa City memastikan gelar juara. Pasalnya, The Citizens akan mengoleksi 85 poin yang takkan bisa dikejar peringkat kedua, MU, bahkan jika Setan Merah memenangi semua laga sisa.

Di sisi lain, The Blues juga memburu kemenangan demi mengamankan posisi di 4 besar klasemen, sekaligus menipiskan jarak dengan Leicester di posisi 3.

Manchester City menjadi pihak yang mendapatkan peluang lebih dulu lewat Benjamin Mendy di menit ke-8. Namun, tembakannya dari luar kotak penalti masih melenceng dari gawang.

Menit ke-14, giliran Chelsea yang membuang kesempatan setelah tendangan bebas Reece James masih membentur pagar.

Tiga menit kemudian, Nathan Ake bisa saja membawa The Citizens unggul lebih dulu. Namun, sundulannya memanfaatkan sepak pojok masih melambung.

Kedua tim pun terus bertukar serangan. Namun, ketatnya pertahanan masing-masing membuat tak banyak muncul peluang berarti.

Menit ke-32, Chelsea akhirnya sukses mencetak gol lebih dulu lewat aksi Timo Werner. Sayangnya, gol tersebut kemudian dianulir wasit karena offside.

Hanya 3 menit berselang, Man City harus ikut gigit jari setelah tembakan Raheem Sterling usai melakukan aksinya masih bisa digagalkan penyelamatan gemilang Edouard Mendy.

Menit ke-43, giliran Ederson yang tampil gemilang. Penjaga gawang asal Brasil itu sukses membuat penyelamatan apik untuk menggagalkan upaya Hakim Ziyech.

Pada menit ke-44, Gabriel Jesus berhasil melewati Andreas Christensen yang terjatuh sebelum kemudian memberikan umpan kepada Sergio Aguero. Aguero gagal menguasai bola dengan baik tapi bola bisa disambar Raheem Sterling untuk menundukkan Mendy. Skor berubah 1-0.

Pada injury time babak pertama, City mendapat hukuman penalti setelah Jesus dijatuhkan Billy Gilmour di kotak terlarang. Namun, eksekusi buruk Sergio Aguero yang mencoba melakukan panenka berakhir memalukan karena Mendy bisa menangkap bola dengan sangat mudah.

Skor 1-0 untuk kemenangan Manchester City atas Chelsea pun bertahan hingga turun minum.

Lima menit babak kedua berjalan, Timo Werner mendapat kesempatan untuk membawa Chelsea menyamakan kedudukan. Namun, sepakannya dari dalam kotak penalti masih melebar.

Satu menit kemudian, Aguero lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang untuk The Citizens. Tembakannya masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan dengan mudah oleh Mendy.

Menit ke-60, The Blues akhirnya sukses menyamakan kedudukan. Menerima umpan Cesar Azpilicueta, Hakim Ziyech menundukkan Ederson lewat tendakan mendatar ke pojok gawang yang dilepaskan dari luar kotak penalti.

Secara mengejutkan Menit ke-78, Chelsea sukses mencetak gol kedua lewat Timo Werner untuk berbalik unggul. Sayangnya, gol ini akhirnya dianulir karena offside.

Hanya beberapa menit kemudian, The Blues kembali harus gigit jari setelah gol Callum Hudson-Odoi juga lagi-lagi dianulir karena offside.

Dipenghujung babak kedua, The Blues akhirnya berhasil berbalik unggul. Menerima assist Timo Werner, Marcos Alonso yang menerobos ke kotak penalti sukses menjebol gawang Ederson lewat tendangan kaki kanan.

Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada tambahan gol yang tercipta. Chelsea berhasil menang 2-1 atas Manchester City yang membuat The Citizens batal memastikan gelar juara Liga Inggris lebih cepat.

Dikutip dari situs Sky Sports, Aguero adalah pemain Manchester City keempat yang gagal menjadi eksekutor penalti musim ini.

Tiga pemain Man City yang juga tak berhasil dalam usaha mereka sebelumya adalah Ilkay Guendogan, Kevin De Bruyne, dan Raheem Sterling.

Terkait teknik panenka Aguero, Guardiola tidak bisa berkata banyak. Guardiola hanya bisa berandai-andai Man City pasti menang jika penalti Aguero pada akhir babak pertama itu masuk.

“Kami seharusnya bisa mencetak gol dari penalti pertama. Namun, kami gagal memanfaatkannya. Kami juga tidak mendapat penalti kedua. Itu saja,” Ujar Guardiola kepada Sky Sports.

“Itu adalah keputusan Aguero (menendang penalti dengan teknik panenka). Algojo penalti memutuskan dan Aguero memilih cara itu. Saya tidak bisa berkomentar banyak,” Tutup Pelatih kepala plotos tersebut. (wal)

Susunan Pemain:
Man City (3-5-2): Ederson; Laporte, Ake, Dias; Cancelo, Torres, Rodri, Sterling, Mendy; Jesus, Aguero.

Chelsea (3-4-2-1): Mendy; Azpilicueta, Christensen, Rudiger; James, Gilmour, Kante, Alonso; Pulisic, Ziyech; Werner.

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI