Jumat, 19 April 2024
BerandaSPORTOLAHRAGABelanda dan Belgia Mengamuk, Jepang Bantai Habis Mongolia

Belanda dan Belgia Mengamuk, Jepang Bantai Habis Mongolia

RETORIKABANUA.ID, Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa yang memainkan matchday ketiga Grup A, E, G, dan H berlangsung pada Rabu (31/3/2021) dini hari WIB.

Laga menarik pun tercipta ketika tiga negara besar ikut terlibat dalam laga semalam. Ketiga tim tersebut Portugal yang bertamu ke Luksemburg, Belgia yang menjamu Belarusia, dan Belanda yang bertandang ke markas Gibraltar.

Pada laga Grub A, Luksemburg vs Portugal, tim tamu sukses memenangkan pertandingan. Portugal berhasil menaklukkan Luksemburg dengan skor 3-1. Laga pun sempat menegangkan karena Portugal tertinggal terlebih dahulu.

Luksemburg mampu mengungguli Portugal pada menit 30 lewat aksi Gerson Rodrigues. Beruntung, Portugal berhasil membalasnya pada menit 45+2 setelah aksi Diogo Jota melesatkan bola ke gawang Luksemburg dan menjadi gol.

Pada babak kedua, Portugal terus menekan tim tamu dan akhirnya Portugal berbalik unggul setelah Cristiano Ronaldo mencetak gol pada menit 51. Bahkan Portugal semakin meraih kemenangan meyakinkan usai Joao Palhinha pada menit 80. Skor 3-1 untuk keunggulan Portugal.

Bagi Ronaldo gol di laga ini adalah gol internasionalnya yang ke-103 bersama Portugal, ia hanya berjarak 6 gol untuk menyamai rekor dunia sepanjang masa milik striker Iran, Ali Daei.

Sementara itu di Grup G, Belanda dan Belgia merayakan pesta gol saat menghadapi lawannya masing-masing. Belanda sukses menghancurkan Gibraltar dengan skor 7-0. Sedangkan Belgia melumat habis Belarusia dengan skor telak 8-0.

Ketujuh gol Belanda dicetak oleh enam pemain berbeda. Keenam pemain tersebut adalah Steven Berghuis, Luuk de Jong, Memphis Depay, Georginio Wijnaldum, Donyell Malen, dan Donny van de Beek. Depay menjadi pemain Belanda yang mencetak dua gol.

Sedangkan timnas Belgia, kedelapan gol mereka dicetak oleh enam pemain berbeda. Keenam pemain tersebut adalah Michy Batshuayi, Hans Vanaken, Leandro Trossard, Jeremy Doku, Dennis Praet dan Christian Benteke. Vanaken dan Trossard tampil baik dengan mengemas dua gol.

Berkat kemenangan itu, Belgia memuncaki klasemen Grup E dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Mereka unggul tiga angka atas Republik Ceko yang ada di urutan kedua.

Laga lain, laju sempurna Turki terhenti. Setelah berhasil menyapu bersih di dua laga pertama, Turki tertahan di matchday ketiga usai bermain imbang 3-3 dengan Latvia.

Meski demikian, Turki masih menempati posisi teratas klasemen Grup G dengan tujuh poin dari tiga laga. Belanda menyusul di urutan kedua dengan enam poin.

Beralih ke zona Asia, Timnas Jepang membantai habis Mongolia 14-0 pada matchday 5 Grup F kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Fukuda Denshi Arena, Chiba, Jepang, Selasa (30/3/2021).

Gelandang Liverpool, Minamino membuka pesta gol pada menit ke-13. Lalu, pemain Werder Bremen Yuyo Osako menyumbang hat-trick menit ke-23, 55 dan 90+2. Sho Inagaki (68, 90+3), Junya Ito (73, 79) dan Kyogo Furuhashi (78, 87) mencetak brace.

Gol lain dikemas Daichi Kamada (26), Hidemasa Morita (33), Takuma Asano (90+1), dan gol bunuh diri Erdene Tuya (39). Samurai Biru -julukan timnas Jepang- mencetak lima gol pada babak pertama dan sisanya tercipta di babak kedua.

Pada babak kedua, empat gol dalam 11 menit, saat Yuya Osako menyelesaikan hat-tricknya dan Sho Inagaki, Junya Ito dan Kyogo Furuhashi masing-masing dua kali mencetak gol. Mongolia, peringkat 190 dunia, hanya mencatat 20% penguasaan bola.

Menurut Opta, kemenangan Jepang melawan Mongolia merupakan kemenangan terbesar kedua dalam sejarah sepak bola Jepang, di belakang kemenangan 15-0 atas Filipina pada tahun 1967. (wal)

Berikut Hasil lengkap Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Rabu (31/3/2021) dini hari WIB:

Grup A:
Azerbaijan 1 vs 2 Serbia
Luksemburg 1 vs 3 Portugal

Grup E:
Belgia 8 vs 0 Belarusia
Wales 1 vs 0 Republik Ceko

Grup G:
Gibraltar 0 vs 7 Belanda
Montenegro 0 vs 1 Norwegia
Turki 3 vs 3 Latvia

Grup H:
Siprus 1 vs 0 Slovenia
Kroasia 3 vs 0 Malta
Slovakia 2 vs 1 Rusia

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI