Senin, 24 Juni 2024
BerandaKALSELKetua dan Wakil Ketua DPRD Kotabaru Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kotabaru Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

KOTABARU – Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kotabaru di Halaman Eks Kantor Bupati Kotabaru, Sabtu (1/6).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, mengangkat tema, Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2025. Dengan Inspektur Upacara Kodim 1004 Kotabaru Letkol Inf Deden Ika Drajat, S.A.P

Peserta upacara ini diantaranya, dari anggota TNI-Polri, ASN hingga Mahasiswa dan Pelajar di Kotabaru.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi dalam sambutannya yang dibacakan Kodim 1004 Kotabaru Letkol Inf Deden Ika Drajat., S.A.P mengatakan, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusitivitas, toleransi, dan gotong-royong, keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika.

Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis dalam kesempatan ini menyampaikan, di momentum Hari lahir Pancasila ini, dirinya berharap seluruh elemen dapat merefleksikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Tentu kita memperingatinya dengan semangat, bagaimana Pancasila itu dilahirkan dalam rangka menyonsong kemerdekaan RI yang disusun oleh para tokoh bangsa, putra putri terbaik bangsa. Kita bisa mengamalkan dan menjalankan apa yang menjadi amanah didalam pancasila itu sendiri,” ucap Syairi.

Syairi menerangkan, Pancasila merupakan pemersatu bangsa kita,yang tidak membedakan asal usul suku, agama, ras dan golongan.

“Dengan dasar Pancasila inilah sehingga mempersatukan kita di dalam naungan ke Bhinekaan Tinggal Ika tanpa membedakan suku agama, ras dan golongan,” jelasnya.

Syairi menegaskan, pihaknya mengajak seluruh masyarakat bersama-sama membangun Kotabaru kemudian menjaga kondusifitas wilayah dengan dasar ideologi Pancasila.

Diinformasikan, Upacara tersebut juga diisi dengan Pemotongan Tumpeng dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke- 74 yang juga jatuh pada tanggal 1 Juni.

Juga ada Launching Logo Akses Sa-Ijaan (Anak Kotabaru Semua Sekolah) dalam mensukseskan program Penanganan Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Kotabaru yang ditandai dengan pelepasan balon.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI