Senin, 15 April 2024
BerandaKALSELBANJARBARUKeren! Banjarbaru Masuk 10 Besar Kota Terbaik di Indonesia Versi Bappenas

Keren! Banjarbaru Masuk 10 Besar Kota Terbaik di Indonesia Versi Bappenas

BANJARBARU – Bersaing dengan puluhan kota lainnya di Indonesia, Banjarbaru sukses dinobatkan dalam 10 besar kota terbaik di Indonesia tahun 2021 oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI.

Dengan masuknya 10 besar terbaik versi Bappenas, maka kota berjuluk Idaman ini akan diberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) atas keberhasilan perencanaan pembangunan daerahnya.

Dari data resmi Bappenas, Banjarbaru menjadi pilihan kota terbaik bersama dengan Surabaya, Bandung, Denpasar, Dumai, Jambi, Padang, Palembang, Semarang, dan Yogyakarta.

Penghargaan diberikan Kementerian PPN/Bappenas pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2021 yang digelar virtual di Badan Penghubung Jawa Timur, Jakarta Pusat, Selasa (4/5)

Terkait capaian ini, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengaku sangat bersyukur. Sebab prestasi ini levelnya berskala nasional dan Banjarbatu bisa bersaing dengan kota besar lainnya.

“Tentu kita bangga. Artinya nama Banjarbaru bisa semakin dikenal di level nasional. Yang jelas capaian ini harus kita syukuri,” beber Aditya, usai menerima kabar tersebut, baru-baru tadi.

Sinergitas SKPD yang ada dalam merancang dan membangun daerah adalah pondasi penting atas prestasi tersebut. Makanya ia tetap mendorong agar tiap SKPD tetap menjaga harmonisasi dan bisa berinovasi untuk daerah.

“Keberhasilan ini juga berkat kerja keras seluruh jajaran pemkot, baik dinas, badan, dukungan aparatur kecamatan dan kelurahan, bahkan sampai ke tingkat paling bawah yakni rukun tetangga,” tuturnya.

Harmonisasi dalam perencanaan pembangunan yang berkesinambungan, lanjut Aditya, adalah esensi dalam penghargaan ini. Sehingga dari level pusat, provinsi hingga ke daerah bisa diserasikan dalam mendukung pembangunan nasional.

“Maka dari itu, pembangunan dari pusat sampai ke daerah harus dapat diharmonisasikan. Termasuk mempertimbangkan kearifan lokal dan kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Mengutip pernyataan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, PPD merupakan apresiasi yang diberikan kepada pemerintah daerah karena berprestasi dalam perencanaan pembangunan berkualitas.

Penghargaan diberikan kepada kota dan kabupaten hingga provinsi, karena pemerintah daerah berhasil mencapai target-target pembangunan, dan berinovasi mengatasi berbagai masalah. (mir)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI