Rabu, 27 September 2023
BerandaKALSELBALANGANTerobosan Baru, Balangan Kembangkan Potensi Air Terjun Batarius

Terobosan Baru, Balangan Kembangkan Potensi Air Terjun Batarius

PARINGIN – Ekspedisi Balangan Batarius digelar. Bupati H Abdul Hadi ikut serta bersama konsultan perencana jalan dari Dinas PUPR dan Dinas Pariwisata setempat, baru-baru tadi.

Ekspedisi itu dalam rangka survei perencanaan pembangunan infrastruktur dan pengembangan objek wisata alam unggulan daerah.

Lokasi yang menjadi objek ekspedisi adalah air terjun Batarius. Terletak di Dusun Jajangan, anak Desa Mamigang, Kecamatan Halong. Air terjun ini punya ketinggian mencapai 15 meter dan lebar 10 meter.

Jika dikembangkan, lokasi itu diharapkan mampu menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Kabar baiknya, anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan menuju titik destinasi wisata air terjun Batarius akan dialokasikan.

“Akhir tahun ini sudah kita anggarkan untuk pembuatan infrastuktur jalan dari Desa Namigang ke Jajanan,” ungkap Abdul Hadi.

Diharapkan, pada tahun 2022 mendatang, lanjut dia, izin dari Dinas Kehutanan Kalsel lancar untuk pinjam pakai kawasan hutan lindung. Sehingga pembangunan jalan bisa direalisasikan.

Orang nomor satu di Balangan ini bercerita. Ekspedesi Batarius penuh tantangan. Karena, medan yang dilalui masih jalan setapak.

“Tanjakan berbukit bukit luar biasa dan untuk menuju titik perlu berjalan kaki terlebih dahulu sepanjang 6 kilo meter,” tuturnya.

Abdul Hadi berkeyakinan, rencana ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Termasuk soal kepemilikan lahan karena terkena pembangunan jalan.

Ia meminta agar warga tidak mempermasalahkan masalah ganti rugi lahan untuk membantu mengurangi pengeluaran anggaran.

“Nantinya, warga juga ikut serta menjaga keamanan dan ketenteraman pengunjung yang berwisata menikmati keindahan alam dan kesejukan kawasan air terjun. (mfr)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI