Senin, 24 Juni 2024
BerandaKALSELBANJARBARUSekda Said Abdullah Ikuti Rakernas XVII Apeksi 2024 Hari ke – 2,...

Sekda Said Abdullah Ikuti Rakernas XVII Apeksi 2024 Hari ke – 2, Potensi Besar Untuk Bangsa

BANJARBARU – Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, H. Said Abdullah, mengikuti langsung Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII 2024 hari ke-2, di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), Rabu (5/6).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, didapuk sebagai pimpinan sidang sementara bersama dengan Direktur Eksekutif APEKSI, Alwis Rustam.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, bahwa APEKSI sebagai wadah bagi 98 kota di Indonesia memiliki potensi besar untuk bersinergi dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa.

“Sehingga ketika kami memiliki kelebihan di masing-masing kota, insya Allah nanti kita jadikan satu, kita minta arahan kepada pemerintah pusat, setelah itu kita terapkan kepada seluruh kota,” kata Eri.

Eri menambahkan, jika ada aplikasi atau program yang bagus di satu kota, maka bisa diterapkan di kota lain tanpa perlu mengeluarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Karena sudah cukup satu, kita cloning di tempat lain. Inilah yang kita lakukan untuk APEKSI,” sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad mengusulkan agar pelaksanaan Munaslub Tahun 2025 digelar di Kota Surabaya. Usulan yang disampaikan itu pun langsung didukung oleh para peserta atau anggota APEKSI yang hadir.

“Dari Wali Kota Ternate mengusulkan Surabaya, dan saya pun sebagai tuan rumah di Balikpapan ini mengusulkan selanjutnya di Surabaya lebih baik, lebih dekat,” katanya.

Usulan yang disampaikan Rahmad disambut hangat oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Ia menyatakan kesiapannya jika Kota Surabaya didapuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Munaslub APEKSI 2025.

“Jadi nanti insyaallah acaranya ada di Surabaya. Karena ini adalah kegiatan pemilihan Ketua APEKSI,” kata Wali Kota Eri Cahyadi yang sekaligus Ketua APEKSI periode 2023-2025. (mcbjb)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI