Senin, 24 Juni 2024
BerandaKALSELBANJARBARUGround Breaking Pembangunan Gedung DPRD dan Rumah Dinas Gubernur Dimulai di Kawasan...

Ground Breaking Pembangunan Gedung DPRD dan Rumah Dinas Gubernur Dimulai di Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel

BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor bersama Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Dr. (HC) H. Supian HK SH. MH hadiri Ground Breaking pembangunan Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Jabatan Gubernur Kalsel tahun Anggaran 2024 di Banjarbaru, Rabu (5/6) pagi.

Ground Breaking dan peletakan batu pertama ditandai dengan pemancangan tiang pancang dan disaksikan oleh tokoh ulama Martapura KH Wildan Salma, jajaran Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel, mengatakan bahwa pembangunan gedung DPRD ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja Pemerintah Provinsi Kalsel dalam pelayanan masyarakat.

“Pasalnya ke depan tugas dan tanggung jawab DPRD Kalsel semakin berat sesuai tuntunan dan perkembangan zaman,” kata Sahbirin Noor.

Sahbirin Noor juga menambahkan, kedepan di ibukota Provinsi Kalsel, Banjarbaru, akan dibangun beberapa pusat pemerintahan, seperti markas Kepolisian daerah dan rumah dinas kapolda, beberapa gedung instansi vertikal, dan kantor komando daerah militer wilayah Kalimantan, sebagai penyangga ibu kota negara (IKN).

Kemudian Supian HK mengapresiasi Ground Breaking pembangunan Gedung DPRD Kalsel, dan berharap pembangunan dapat berjalan sesuai target yang ditentukan, dan dapat segera digunakan.

“Semoga pembangunan gedung baru ini dapat berjalan lancar dan tanpa halangan, serta semoga gedung baru ini bermanfaat untuk kita semua,” harap Supian HK.

Sementara itu, Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan melaporkan pembangunan kantor baru DPRD Provinsi Kalimantan Selatan seluas +2,9 hektare dengan desain modern serta mengadaptasi kearifan loka rumah adat gajah Baliku.

“Mengingat keterbatasan anggaran tahap pertama pembangunan kantor Dewan berupa pondasi dan struktur bangunan dengan anggaran Rp 48.785.726.000 dengan jangka waktu pelaksanaan selama 225 hari,” kata Solhan.

Sedangkan Pembanguan Rumah Jabatan Gubernur dan fasilitas pendukung lainnya pada tahun 2024 menelan anggaran sebesar Rp29.000.000.000 dengan pengerjaan tahap pertama Pondasi dan struktur bangunan dengan pengerjaan selama 225 hari.

“Jadi Pembagunan kantror dewan dan rumah jabatan Gubernur ini tahun 2025 akan dilanjutkan pengerjaan secara kesuluruhan dan dipastikan selesai akhir Desember 2025,” pungkasnya. (humas/mckalsel)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI