Jumat, 21 Juni 2024
BerandaKALSELBANJARMASINDLH Banjarmasin Siapkan TPS 'Surung Sintak' untuk Warga Sundai

DLH Banjarmasin Siapkan TPS ‘Surung Sintak’ untuk Warga Sundai

BANJARMASIN – Warga Sungai Andai tak perlu lagi bingung soal sampah, karena Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di kawasan Kampung Biuku ditutup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin sudah punya solusi.

Bukan membangun TPS baru, tapi menyiapkan truk yang siap mengangkut sampah warga. Mereka mengistilahkan dengan sebutan TPS ‘Surung Sintak’.

Dinamakan begitu, menurut Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin Marzuki, karena TPS yang disiapkan adalah truk sampah. Lokasinya masih di Sungai Andai, tepatnya di Kompleks Andai Jaya RT 7.

“Truk sampah itu tidak standby, tapi hanya stop sebentar. Setelah petugas kebersihan kompleks atau paman gerobak datang, sampahnya kita angkut lagi,” katanya, Selasa (9/3).

Pria yang biasa disapa Bang Jek ini menegaskan, TPS Surung Sintak tak melayani pembuangan sampah perorangan warga, melainkan hanya paman gerobak saja.

“Sekali lagi, kita hanya melayani paman gerobak saja, bukan perorangan,” tegasnya.

Makanya, kepada warga diimbau supaya tidak membuang sampah masing-masing, tapi memanfaatkan jasa petugas kebersihan di lingkungan perumahan. Cara ini efektif mengatasi persoalan sampah warga Sungai Andai.

“Saat ini sudah ada 15 paman gerobak yang siap membuang sampah dengan pola ini,” bebernya.

Pola ini, selain efektif, sekaligus memberi edukasi kepada masyarakat supaya membuang sampah sesuai waktu. Karena itu harus ada sinergi semua pihak, kelurahan, masyarakat, petugas kebersihan dan petugas penertiban.

Mengenai waktu pembuangan sampah, Bang Jek belum bisa menjelaskan, karena akan membicarakan dengan petugas kebersihan kompleks perumahan. “Jam pengangkutan masih dibicarakan, yang jelas tanggal 12 Maret insyaallah mulai kita terapkan,” pungkasnya. (syl)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI