Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaKALSELBALANGANVihara Buddharatana Desa Tabuan Halong Diresmikan

Vihara Buddharatana Desa Tabuan Halong Diresmikan

PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan menghadiri perayaan Dharmasanti Waisak 2565 Tahun Budhha, sekaligus meresmikan Vihara Buddharatana di Desa Tabuan, Kecamatan Halong, Kamis (24/6).

Bupati Balangan Abdul Hadi diwakili Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan Yuliansyah menyampaikan, Kecamatan Halong merupakan kecamatan paling Bhinneka Tunggal Ika dibanding kecamatan lainnya.

“Enam agama besar dan beberapa agama kepercayaan tradisional ada di Halong. Semuanya hidup dengan sangat rukun, penuh toleransi, dan selalu saling membantu dalam kegiatan kemasyarakatan,” katanya.

Ia mengucapkan selamat atas peresmian Vihara Buddharatana dan selamat atas Perayaan Tri Suci Waisak. “Saya pribadi bangga dan acara di Desa Tabuan ini sangat luar biasa,” ujarnya.

Bhante Karuna Viro menyampaikan bahwa vihara ini pertama yang ada di Kecamatan Halong. Dibangun pertama kali pada tahun 1986. Kemudian renovasi dapat terlaksana berkat pembinaan dan kerja sama umat Buddha di Halong dan seluruh donatur, dengan memakan biaya hingga Rp 2,7 miliar. (mid)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI