Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaKALSELHULU SUNGAI TENGAHTersangka Korupsi PDAM HST Ditahan

Tersangka Korupsi PDAM HST Ditahan

BARABAI – Mengenakan rompi tahanan warna merah muda, empat tersangka dugaan korupsi PDAM HST digelandang menuju Rutan Kelas II B Barabai, Senin (24/5) sore.

Empat tersangka tersebut, Dirut PDAM HST, SBR (57) Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) KDA (51), Direktir CV Kharisma Niaga IS (61); Direktur CV Trans Media Comunication, AN (38). Dua CV ini sebagai penyedia  barang kimia tawas.

Sebelumnya,  empat tersangka ini sudah dipanggil ke kejaksaan beberapa kali. Namun mereka selalu mangkir. Indikasi bahwa tersangka dapat melarikan diri menjadi alasan mereka akhirnya ditahan. Kepala Kejaksaan Negeri HST, Trimo menjelaskan keempat tersangka ini ditahan dengan alasan subjektif dan objektif.

Alasan subyektif penyidik mengkhawatirkan tersangka akan melarikan diri, menghilangkan barbuk, dan akan mengulangi perbuatannya.

Alasan Objektif yakni  sesuai pasal yang disangkakan penyidik yakni UU Tipikor Pasal 2 Ayat 1 UU No 20 Tahun 2001, kemudian pasal 3 UU 31 tahun 1999 Jo UU No 20 tahun 2001. “Ancaman hukumannya minimal di atas lima tahun dan maksimal 20 tahun,” jelasnya.

Empat tersangka akan ditahan selama 20 hari. Saat itu juga penyidik memiliki waktu untuk segera melengkapi berkas dan melimpahkannya ke pengadilan. “Penyidik akan bertindak secara cepat. Kami punya waktu mulai hari ini 24 Mei hingga 12 Juni 2021,” pungkasnya. (jms)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI