Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaKALSELSosper di Tapin, Anggota DPRD Kalsel Ajak Masyarakat Proaktif Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Sosper di Tapin, Anggota DPRD Kalsel Ajak Masyarakat Proaktif Sukseskan Vaksinasi Covid-19

RANTAU – Anggota DPRD Kalsel Wahyudi Rahman melaksanakan sosialisasi peraturan daerah (sosper) di Kantor Desa Pabaungan Hilir, Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Senin (5/7).

Perda yang disosialisasikan adalah Perda No 4 Tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Wahyudi Rahman mengungkapkan, Perda PMD ini hadir sebagai tindaklanjut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang memberikan ruang yang cukup signifikan kepada pemerintah daerah untuk turut serta melakukan pembinaan dan pengembangan dalam kerangka mewujudkan desa yang maju, mandiri, dan sejahtera.

“Kita tentu bangga dengan Kabupaten Tapin yang berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2021 sudah tidak ada lagi desa dengan status tertinggal. Sudah mayoritas desa status berkembang, bahkan sudah ada yang naik status jadi desa maju”, ungkapnya.

Dalam kesempatan sosper, Wahyudi Rahman mengingatkan agar pemerintahan desa hingga ketua RT/RW dapat menjadi pelopor dalam pencegahan Covid-19, termasuk dalam mensukseskan vaksinasi.

“Kalau sudah ada kesempatan vaksinasi agar dapat diikuti, sehingga masyarakat lainnya juga proaktif ikut vaksinasi. Semakin banyak yang sudah divaksin, maka kekebalan bersama (herd immunity) akan cepat terwujud,” tuturnya.

Pada saat sesi diskusi, terungkap bahwa terkait pemberdayaan masyarakat dan desa, di Pabaungan Hilir, seperti yang disampaikan oleh sekdes Sahminan, telah berdiri Badan Usaha Milik Desa Bersama (BumdesMa). Permodalannya gabungan beberapa desa di Kecamatan CLS. Salah satu usaha yang dikembangkan adalah pendirian pertashop.

Menanggapi adanya usaha BumdesMa, Wahyudi Rahman yang juga Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalsel ini menyampaikan apresiasi dan siap menjembatani aspirasi masyarakat. (syl)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI