Jumat, 19 April 2024
BerandaKALSELRagam Sayur Bergizi Khas Banjar, Cocok Panganan Berbuka Puasa.

Ragam Sayur Bergizi Khas Banjar, Cocok Panganan Berbuka Puasa.

Retorikabanua.id – Banyak makanan nikmat khas Indonesia yang bisa dicicipi dari Sabang hingga Merauke. Hampir setiap daerah memiliki makanan andalan dengan bumbu khas daerah masing-nasing

Nah sobat readers, kali ini akan membahas makanan khas Banjar yang cocok disantap ketika berbuka puasa. Bukan hanya enak, namun juga kaya gizi.

Apa saja sih masakan sayur khas Banjar yang bisa dijadikan menu berbuka puasa. Yukk simak!!!

  1. Gangan Asam

Gangan berarti sayur, sehingga sayur ini bisa dikatakan seperti sayur asam. Namun, uniknya gangan asam banjar menggunakan iwak/ikan sebagai bahan utama selain sayur. Ikan yang sering digunakan seperti iwak patin dan haruan. Kuah dari gangan asam ini sedikit berlemak. Namun, tetap terasa nikmat terlebih saat ditambahkan sambal acan.

  1. Gangan Paliat

Alternatif sajian khas Banjar berbahan ikan selanjutnya adalah Gangan Paliat. Panganan ini terbuat dari ikan baung atau bisa juga menggunakan ikan patin . Disirami dengan kuah santan kental berwarna kekuningan seperti opor. Kuliner ini sangat lezat jika disantap dengan sepiring nasi hangat, menemani berbuka bersama keluarga.

  1. Gangan Humbut

Bagi masyarakat Hulu Sungai, Khusunya Amuntai, panganan yang satu ini menjadi menu andalan sebelum hari acara perkawinan.
Disebut gangan humbut, karena bahan utama sayur ini adalah humbut atau rebung atau tunas pohon kelapa. Di sajikan dengan iwak karing sepat dengan sambal acan dijamin menjadi penggugah selera makan.

  1. Cacapan Asam Kalangkala

Cacapan asam memiliki cita rasa sangat unik, Terbuat dari ragam buah-buahan yang dicincang dan dicampur bersama bumbu lain seperti asam jawa, bawang merah, cabai rawit, dan garam, membuat makanan khas Banjarmasin ini terasa menyegarkan. Ditambah dengan campuran buah kalangkala, menambah nikmatnya perpaduan rasa.

Kalangkala merupakan buah hutan dari Kalimantan. Bentuknya bula. Jika masih mentah kulitnya berwarna hijau pucat, saat matang berwarna merah muda. (*)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI