Jumat, 19 April 2024
BerandaUncategorizedPengenalan Lingkungan Sekolah, Tokoh Muda Sukses Motivasi Siswa Baru.

Pengenalan Lingkungan Sekolah, Tokoh Muda Sukses Motivasi Siswa Baru.

Sungai Loban – Salah satu Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu M Syarifudin, SE  yang saat ini juga terpilih di DPRD Provinsi periode lima tahun mendatang mengunjungi SMAN 1 Sungai Loban, Senin (15/7/2019).

Kedatangan anggota DPRD yang akrab disapa Bang Din ini dalam rangka silaturahmi sekaligus monitoring Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru yang dilaksanakan selama 3 hari mulai hari ini Senin hingga Rabu mendatang.

Camat Sungai Loban, Samsir SE MAP yang turut mendampingi kunjungan Anggota DPRD disambut langsung Kepala SMA Samidi, M.Pd bersama para guru dan civitas sekolah.

Menurut salah satu guru sekaligus Panitia Pelaksana PLS SMAN 1 Sungai Loban, siswa baru tahun ini berjumlah 228 orang yang terbagi dalam 7 kelas.

Kepala SMA Samidi, M.Pd dalam sambutannya menyebutkan SMAN 1 Sungai Loban adalah sekolah tertua di Kabupaten Tanah Bumbu sudah banyak melahirkan tokoh-tokoh pemimpin, dengan puluhan ribu alumnusnya.

Kedatangan rombongan pun turut disambut dengan yel yel semangat dari para siswa; Maju bersama, Hebat bersama, Berprestasi semua.

Menurutnya kegiatan ini adalah model Kelas Inspirasi yakni gerakan para profesional turun ke Sekolah, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Dengan tujuan : menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.

Dikatakannya dalam kelas ini, sekolah mengundang tokoh-tokoh inspirasi,  dari berbagai kalangan, pengusaha,  ulama, pejabat dan lain-lain.

Selanjutnya dihadapan anggota DPRD dan Camat, Samidi berharap perhatian pemerintah terutama Bang Din kepada sekolah apalagi nanti beliau akan duduk di DPRD Provinsi yang notabene SMA ada di bawah naungan Provinsi.

Camat Samsir SE MAP pun sampaikan syukur di dalam kesibukan Bang Din dapat berhadir ditengah tengah kita. 

Dalam kesempatan ini Camat turut memotivasi siswa baru yang akan mengenyam pendidikan di SMA,, “Bersyukur kalian dapat masuk disini, karena sekolah ini gudang prestasi yang luar biasa”. Ungkapnya. 

Camat juga bercerita masa kecil sebagai motivasi siswa, dari menjual ikan sejak SD, tidak merasa malu, namun menjadi semangat untuk kunci keberhasilan kedepan. “Terus semangat, terus bekerja keras, terus belajar untuk meraih cita cita kedepan”. Pungkasnya.

Akhirnya dalam sesi pembukaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMAN 1 Sungai Loban, M Syarifudin salah satu tokoh muda Tanah Bumbu kelahiran 1979 yang dikenal dengan Bang Din berkesempatan menjadi motivator, memberikan inspirasi, penyemangat siswa dalam menempuh proses pendidikan.

Pesan awal beliau yakni; Bagaimana kita selalu menghormati Dewan Guru. 

Selanjutnya Bang Din menceritakan bagaimana perjalanan dari awal hingga sampai seperti sekarang untuk penyemangat dan inspirasai. Mulai berprofesi tukang ojek sampai sebagai instalasi jaringan komputer hingga berhasil menjadi anggota DPRD Kabupaten dan terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi saat ini. 

Dalam sesi dialog, pertama-tama Bang Din meminta 2 orang siswa baru unuk maju kemudian diminta menyebutkan Pancasila, kedua siswa ini pun lancar menyebutkan 5 sila yang terkandung.

Dari pragmen ini ia berharap Kita semua harus bisa mengamalkan pancasila, ideologi pancasila dikatakannya sudah merangkum semua tatanan kehidupan. Ia berharap siswa sebagai generasi penerus tetap menjaga dan mengamalkan pancasila. Dibalik tantangan-tantangan dewasa ini yang banyak merongrong pancasila, baik gangguan eksternal (dari luar) maupun tantangan internal (dari dalam)

Ia turut berpesan dalam belajar keagamaan jangan setengah setengah, lebih baik belajar kepada dewan guru dari pada melalui media sosial yang bisa saja tidak jelas kebenarannya.

“Tetaplah selalu bekerja keras, selalu menjaga kejujuran, giat belajar, jangan pernah menyia-nyiakan kedua orangtua yang sudah bersusah payah memperjuangkan kalian sekolah hingga seperti sekarang”. 

“Kalian adalah generasi yang akan menggantikan generasi kami, kami yakin diantara kalian nanti ada yang akan menjadi pemimpin di wilayah ini, menjadi anggota dewan”. Ujar Bang Din disambut Aamiin oleh para siswa.

Marilah bersama sama melakukan hal positif, di jaman Informasi dan telekomunikasi dewasa ini bila sudah bermedia sosial, bermedsos lah dengan baik, dengan bijak. 

“Kesuksesan itu ada di tangan kita sendiri, kesusksesan itu harus kita kejar, tetaplah patuh kepada orangtua, tetaplah minta bimbingan kepada guru kita. Jangan sia siakan masa-masa sekolah. Perjalanan kalian masih panjang. Terus belajar, terus memberikan hal terbaik, di tangan kalian lah masa depan bangsa” Pungkas Bang Din mengakhiri motivasinya kepada para siswa.

Artikel “iws”

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI