BANJARMASINKALSELPEMERINTAHAN

Optimalisasi Pelayanan Publik, Banjarmasin Gunakan Sistem “Sumber Daya”

169

BANJARMASIN – Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman membuka sosialisasi Survei Kepuasan Masyarakat dan Evaluasi Sistem Pengumpulan serta Pelaporan Bersama Data Survei Masyarakat di Ballroom Nasa Hotel Banjarmasin, Senin (22/7).

Ikhsan Budiman memperkenalkan sistem survei kepuasan masyarakat berbasis web yang diberi nama “Sumber Daya” (Sistem Pengumpulan dan Pelaporan Bersama Data Survei Masyarakat).

Sistem ini dibangun oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin untuk mempermudah pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Sehingga penyusunan laporan dapat dilaksanakan tepat waktu dan sesuai dengan pedoman yang ada.

Dengan hadirnya sistem tersebut, seluruh perangkat daerah dan unit kerja penyelenggara pelayanan publik di lingkungan Kota Banjarmasin dapat dengan mudah mengukur tingkat kepuasan masyarakat. Ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

“Saat ini, 31 perangkat daerah, 33 UPTD, 9 bagian, 27 puskesmas, 52 kelurahan, Mal Pelayanan Publik, 1 RSUD, dan 2 perusahaan daerah telah melaksanakan survei. Selain mengukur tingkat kepuasan masyarakat, sistem ini juga mengukur Indeks Persepsi Kualitas Pelayanan (IPKP) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK),” kata Ikhsan Budiman.

Ia menekankan, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang prima semakin besar setiap harinya. Masyarakat menginginkan pelayanan yang cepat, tepat, ramah, sopan dan hormat, responsif, serta memiliki kompetensi. Oleh karena itu, aparatur pemerintah diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas sebagai pelayan publik.

Ikhsan Budiman berharap survei itu dilakukan dengan mudah dan efisien, mengingat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah merupakan hal yang utama.

“Tolong untuk sistem surveinya dibuat sesederhana mungkin, agar masyarakat mau mengisi survei kepuasan dan itu akan menjadi feedback kita dalam bekerja di pemerintahan,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bagian Organiasai, Eka Rahayu menyebutkan ada 180 orang yang hadir dalam kegiatan tersebut, dari operator hingga pelaksana survei.

“Acara ini dihadiri oleh 180 orang, yang dalam rangkaiannya kita sudah beberapa kali melakukan sosialisasi secara bertahap, jadi tahapan ini juga kita memanggil dari teman teman masing masing SKPD termasuk juga UPTD dan kelurahan dalam rangka untuk menjalankan aplikasi ini,” sebutnya.

Minimal survei itu dilaksanakan 1 tahun sekali tetapi kalau dalam sistem ini sudah jalan, tuntutannya adalah per triwulan dicoba. Untuk tahun depan mulai dengan 2 tahapan dulu, karena tahun 2024 ada 1 tahapan 1 tahun sekali, untuk tahun depan dicoba untuk 2 tahun sekali.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin, Eka Rahayu, Kepala Laboratorium Jaringan Komputer Poliban selaku Narasumber, Arifin Noor Asyikin, sejumlah perwakilan Operator Data Survei Masyarakat tiap SKPD ataupun UPTD terkait. (mcbjm/sm)

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Kain Sasirangan Banjarmasin Dikembangkan Lewat Pelatihan Pewarna Alami di Yogyakarta

RETORIKABANUA.ID, Yogyakarta – Pemerintah Kota Banjarmasin terus mendorong pengembangan kain khas Kalimantan...

Stunting Masih Tinggi, Banjarmasin Serukan Kolaborasi Seluruh Elemen Kota

RETORIKABANUA.ID, Banjarmasin — Pemerintah Kota Banjarmasin menghadapi tantangan besar dalam upaya menurunkan...

Driver Online Kalsel Tuntut Tarif Lebih Adil, DPRD dan Kapolda Siap Kawal Aspirasi

RETORIKABANUA.ID, Banjarmasin — Ratusan pengemudi transportasi daring yang tergabung dalam komunitas Driver...

Bahas APBD dan RPJMD, Wali Kota Banjarmasin Sampaikan Empat Agenda Strategis di Rapat Paripurna

RETORIKABANUA.ID, Banjarmasin – Wali Kota Banjarmasin, Muhammad Yamin, bersama Wakil Wali Kota,...