Jumat, 21 Juni 2024
BerandaKALSELBALANGANKomunitas literasi Balangan Ikuti Pembinaan

Komunitas literasi Balangan Ikuti Pembinaan

PARINGIN – Dalam dua hari, dari Selasa dan Rabu, 29 – 30 Juni 2021, 50 orang peserta yang tergabung dari beberapa komunitas pegiat literasi di Kabupaten Balangan mengikuti program nasional pembinaan komunitas literasi. Agenda ini digelar Balai Bahasa Kalsel bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, Dinas Perpustakaan setempat di SMKN 1 Batumandi.

Program ini bertujuan untuk menunjukkan budaya literasi di masyarakat, khususnya bagi para penggiat literasi di tiap daerah.

Ketua panitia dari Balai Bahasa Kalsel Musdalipah mengatakan, kegiatan pembinaan komunitas literasi ini secara garis besarnya ditujukan kepada masyarakat umum, terkhusus para penggiat, pengelola, dan beberapa komunitas.

“Ada beberapa komunitas literasi, kemudian pengelola taman bacaan masyarakat (TPM), PKBM, dan pengelola perpustakaan desa di Balangan,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan kedelapan kalinya diadakan Balai Bahasa Kalsel di tiap kabupaten/kota. Seperti Tanah Bumbu, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Hulu Sungai Tengah, dan Balangan.

M Lutfhi Baihaki, Kepala Balai Bahasa Kalsel berharap komunitas literasi di tiap daerah, terutama di desa-desa, bisa berkembang.

“Diharapkan para peserta mampu mengembangkan ke anak didik, terkait bagaimana membaca dan menulis yang benar. Cara menggali ide bagaimana, serta membaca kritis itu bagaimana,” tuturnya.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Balangan Mahyudi menjelaskan, maksud dari kegiatan, di samping membantu meningkatkan bagian literasi, juga membantu masyarakat Balangan agar gemar dan mengembangkan minat baca. (*)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI