Selasa, 21 Mei 2024
BerandaKALSELBANJARMASINJika Terpilih, Ibnu-Arifin Komitmen Bangun Kolaborasi Model Penta Helix 

Jika Terpilih, Ibnu-Arifin Komitmen Bangun Kolaborasi Model Penta Helix 

retorikabanua.id,BANJARMASIN- Beberapa keberlanjutan pembangunan di Kota Banjarmasin menjadi komitmen Ibnu Sina-Arifin Noor. Mereka akan melibatkan para pengusaha di dalamnya dalam rangka berkolaborasi dan bersinergitas untuk mewujudkan visi misi Baiman dan Lebih Bermartabat.

Ibnu Sina mengungkapkan, keberadaan para pengusaha penting apalagi dalam konteks kolaborasi penta helix (konsep pembangunan).

Di mana lima unsur yang terkandung di dalam penta helix. Yakni unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media, bersatu membangun kekuatan dalam pembangunan.

“Jika terpilih, kami tawarkan keberlanjutan daya tahan ekonomi kita ke depan. Keberadaan pengusaha itu penting dalam konteks kolaborasi penta helix,” ktahya.

Menurutnya, semua harus ikut terlibat aktif dalam rangka
bekerja sama untuk mencapai peningkatan dan percepatan pembangunan. Baik dari sektor pariwisata, UMKM dan berbagai lainnya.

Dalam konteks ini, Ibnu ingin antara pemerintah dan pengusaha terjalin hubungan mutualisme (saling menguntungkan) dari kedua belah pihak. Kepentingan ini nantinya dapat membawa dampak positif yang besar di lingkungan pemerintah kota maupun di masyarakat untuk keberlangsungan perekonomian.

“Usaha mereka berjalan dengan didukung regulasi pemerintah. Apalagi misalnya pada kontribusi 10 persen dari sektor konstruksi, 10 persen dari belanja APBD, itu cukup besar menggerakkan ekonomi kita. Oleh karena itu semua harus berperan,” paparnya.

Sementara, Arifin Noor menyampaikan peran pengusaha penting menjembatani pemerintah untuk membangun target sasaran yang ingin dicapai dengan kolaborasi yang baik guna menghasilkan
gagasan yang kreatif, inovatif dan berkesinambungan. 

“Kita mendukung sinergi pemerintah dan pengusaha ini untuk mendorong dan menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” jelasnya. (*)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI