Senin, 24 Juni 2024
BerandaKALSELHULU SUNGAI TENGAHJalan Menuju Wisata Riam Bajandik Tergenang, Pengelola Minta Perhatian Pemerintah Daerah

Jalan Menuju Wisata Riam Bajandik Tergenang, Pengelola Minta Perhatian Pemerintah Daerah

retorikabanua.id,BARABAI- Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Hulu Sungai Tengah, beberapa hari ini membuat dataran rendah jadi tergenang. Akibatnya membuat akses jalan terputus. Salah satu titik jalan menuju wisata Riam Bajandik di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa, contohnya.

Genangan air dengan kedalaman 1 meter sejauh 50 meter membuat jalan harus ditutup. “Kalau hujannya deras pasti calap, dan surutnya lama. Karena tidak ada saluran pembuangan air,” kata pengelola wisata Riam Bajandik, Ridi.

Terpaksa ia dan pengelola lainnya mengalihkan akses jalan menuju ke Riam Bajandik. Mereka menggunakan jalan pabrik yang berada di sebelah genangan air itu sebagai akses pengganti. “Sudah 6 hari jalan itu kami tutup. Baru dibuka kalau air sudah surut,” tambahnya.

Sebenarnya masalah ini sudah bertahun-tahun terjadi selama musim hujan. Namun tak kunjung ada perbaikan, pihaknya hanya bisa mengeruk parit seadanya. Pengelola Riam Bajandik juga sudah meminta bantuan ke pemerintah desa, namun belum ada tanggapan.

“Semoga pemerintah daerah juga memperhatikan akses jalan ini. Untuk membuat wisata air di HST kembali nyaman,” tutupnya.(*)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI