Jumat, 21 Juni 2024
BerandaKALSELBANJARMASINEvaluasi Berkala, Tingkatkan Kinerja Penanganan Covid-19

Evaluasi Berkala, Tingkatkan Kinerja Penanganan Covid-19

BANJARMASIN – Masih tingginya angka Covid-19 di Kalsel memunculkan tanda tanya terkait efektivitas dan kinerja Dinas Kesehatan dan satuan gugus tugas di Banua.

Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin mengungkapkan, dibandingkan dengan angka target nasional, capaian Kalsel masih berada di bawahnya.

Secara nasional, tutur Bang Dhin begitu ia akrab disapa, kasus sembuh baru berkisar 88,60 persen. Sedangkan secara nasional 90,7 persen. Begitu pula kasus meninggal dunia, capaian berada pada posisi 2,8 persen. Masih di atas target nasional 2,7 persen.

Dari data resmi, dari 13 kabupaten/kota di Kalsel, daerah tertinggi penularan Covid-19 ada di Banjarmasin, Banjarbaru, dan Banjar.

“Angka-angka itu cukup mencemaskan. Jika instansi yang menjadi leading sector dan satuan gugus tugas menganggap remeh Covid-19. Terutama soal tingkat kesembuhan dan kematian itu,” tegas Bang Dhin, Rabu (21/4).

Sebab itu, ia mengingatkan Dinas Kesehatan, satuan gugus tugas, serta pihak-pihak terkait, untuk mengevaluasi kembali kinerja, program, disiplin, dan protap penanganan media Covid-19 di Banua.

“Evaluasi tersebut harus realistis. Tidak ada yang ditutup-tutupi. Sebab, semua untuk kepentingan dan kebaikan bersama. Agar Kalsel terbebas dari Covid-19. Setidaknya, bisa menurunkan angka-angka yang tinggi itu,” pungkasnya. (syl)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI