Senin, 15 April 2024
BerandaKALSELBanjir HST: Enam Warga Hilang, Sembilan Nyawa Melayang

Banjir HST: Enam Warga Hilang, Sembilan Nyawa Melayang

BARABAI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Tengah melaporkan data sementara dampak akibat banjir yang menerjang bumi Murakata pekan lalu. Enam orang dilaporkan hilang dan sembilan nyawa melayang, Rabu (20/1).

Dari 11 kecamatan yang ada, sembilan di antaranya yang terdampak banjir. Paling parah ada di Hantakan, Barabai, dan Batu Benawa.

Jika ditotal dari sembilan kecamatan yang terdampak banjir, jumlah korban meninggal ada sembilan orang, rumah hilang 264, rumah rusak 340, rumah terendam 29.127, dan jumlah pengungsi sebanyak 8.173 jiwa.

Sedangkan untuk fasilitas umum yang rusak atau terendam, 21 masjid, 31 musala, 28 sekolah, 13 kantor, 7 jembatan rusak, dan 1 akses jalan terputus.

Bupati HST HA Chairansyah tak menyangka jika banjir awal tahun ini begitu dahsyat. Beruntung bantuan dari pemerintah pusat, Provinsi Kalsel, Kaltim dan kabupaten tetangga banyak berdatangan.

“Bisa kelimpungan kalau tidak ada bantuan dari daerah lain. Harapannya lagi dapat bantuan dari gubernur dan pusat. Untuk bersama menanggulangi pasca banjir,” pungkasnya. (jms)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI