Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaKALSELBANJARBARUAmankan Suara, Tiap TPS Dipasang Saksi Ganda

Amankan Suara, Tiap TPS Dipasang Saksi Ganda

retorikabanua.id,BANJARBARU – Di masa-masa menjelang tahapan kampanye berakhir, tiap-tiap tim menggelar bimbingan teknis dan pembekalan bagi para saksi paslon.


Ketika hari H pemungutan, saksi-saksi ini nantinya akan bertugas mengawasi dan mengamankan suara masing-masing paslon. Mereka juga akan siaga di TPS dari awal hingga akhir.


Untuk tim Paman BirinMu (Sahbirin Noor-Muhidin), wilayah Banjarbaru juga telah rampung menggelar pelatihan saksi. Tim pemenangan BirinMu di Banjarbaru menggelar pelatihan selama dua hari terakhir.


Ketua Tim Pemenangan BirinMu Banjarbaru, Emi Lasari mengatakan bahwa saksi-saksi yang disiapkan mereka berjumlah ribuan orang. Dua kali lipat dari jumlah TPS yang ada di Banjarbaru.
“Total TPS kita di Banjarbaru ada 556 titik. Untuk saksi dari tim BirinMu ini kita menyiapkan dua kali lipatnya, yakni 1112 saksi. Mereka sudah kita bekali dan mengikuti bimtek,” kata Emi.


Pembekalan dan bimtek, terang Emi, digelar di tempat berbeda. Namun untuk waktunya dihelat secara serentak. Tentunya ketika pelaksanaan juga mengutamakan protokol kesehatan yang berlaku saat ini.


Bagi Emi, penempatan dua saksi di tiap-tiap TPS sebagai antisipasi pengamanan suara paslonnya. Sehingga, potensi atau kerawanan saksi yang membelot dan tidak maksimal ujarnya bisa diantisipasi.


“Semua saksi ini juga telah kita verifikasi. Sebab, saksi yang kuat salah satu kunci pengamanan suara yang paling penting. Maka dari itu, kita juga tempatkan dua saksi di tiap TPS untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.


Selain berperan sebagai saksi ketika hari H dan mengamankan suara paslon. Saksi-saksi yang dinilai Emi bakal loyal ini juga membantu menyosialisasikan paslon di lingkungannya masing-masing.


“Jadi, selain mereka menjadi saksi untuk pengamanan suara BirinMu di tingkat TPS. Mereka juga menyosialisasikan paslon kita lingkungan masing-masing. Kita meyakini mereka amanah,” tuntasnya.


Sebagai informasi, tahapan kampanye sendiri akan berakhir pada 5 Desember. Tiga hari selanjutnya adalah masa tenang. Sementara tanggal 9 Desember merupakan hari pemungutan suara. (mrf)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI