Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaKALSELAda SDM Tak Melek IT, Kominfo HST Sebut Kesulitan Tangkal Hoax

Ada SDM Tak Melek IT, Kominfo HST Sebut Kesulitan Tangkal Hoax

BARABAI- Dinas Kominfo Hulu Sungai Tengah menyadari jika mereka kesulitan menangkal berita hoax yang beredar luas di media sosial.

Ini disampaikan Kepala Seksi Pengembangan Sarana dan Aplikasi Informatika Kominfo HST, Saifik Mailani, setelah memberi materi tentang menangkal berita hoax dan ujaran kebencian pada acara diskusi kelompok terpumpun resolusi konflik kebahasaan di masyarakat, Kamis (29/4).

Faktor penyebabnya, lanjut Saifik yang juga lulusan sarjana ekonomi itu, karena sumber daya manusia (SDM) yang ada pada Dinas Kominfo HST terbatas dan kebanyakan bukan ahli di bidang informatika. “Kami akui itu kelemahan kami selama ini dan ke depan mungkin akan ada pembenahan dan perbaikan, terutama dalam upaya menangkal berita hoax,” jelasnya.

Saat ditanya data terkait keberhasilan penangkalan hoax, Saifik menjawab bahwa pihaknya selama ini hanya menyortir konten-konten nasional yang bermuatan hoax. Sedang konten lokal yang bermuatan hoax belum bisa ditangkal.

“Saat ini kami akui, website Kominfo HST belum menayangkan hoax yang beredar di daerah, masih sifatnya skala nasional, namun ke depan insyaallah kita akan terus melakukan pembenahan,” jelasnya. (jms)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI