Rabu, 27 September 2023
BerandaKALSELBALANGANWoww.. Desa Balida Miliki Destinasi Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang dan Titian...

Woww.. Desa Balida Miliki Destinasi Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang dan Titian Bambu di Atas Sawah

PARINGIN – Ada lagi satu lokasi tujuan wisata di Kabupaten Balangan yang menarik dikunjungi. Kali ini berupa Wisata Pasar Budaya Rancah Mampulang di Desa Balida, Kecamatan Paringin.

Di tempat ini tak hanya menyajikan pertunjukan seni daerah, juga beragam kuliner dan buah lokal yang ditawarkan.

Lokasi ini diresmikan Pemkab Balangan pada 21 Januari 2020 lalu. Kemudian vakum karena pandemi Covid-19 dan buka kembali pada 18 Maret 2021.

Wisata Budaya Racah Mampulang merupakan satu objek pariwisata buatan yang dimotori Kepala Desa Balida Sahridin.

Dia adalah sosok yang mengembangkan dan menjadi inisiator keberadaan tempat budaya.

Wisata adalah salah satu unit usaha BUMDES. Pembuatannya didukung oleh dana pernyataan modal desa dan CSR PT Adaro Indonesia dan dibina oleh Dinas Pariwisata berupa Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kepala Desa Balida Sahridin menyampaikan, salah satu tujuan dibangunnya wisata ini adalah untuk menambah pendapatan usaha BUMDES dan PAD desa, melestarikan kuliner tradisional, seni tradisi, kerajinan dan permainan tradisional dan memanfaatkan potensi yang ada di desa, serta menambah lapangan kerja baru buat warga dan memberdayakan UMKM.

Pergelaran Pasar Budaya Racah Mampulang diadakan 1 kali setiap 1 bulan, namun tetap buka setiap hari. Pengunjung bisa datang dari pukul 07.00 pagi hingga sore jam 17.00 Wita.

“Setiap gelaran itu pengunjung mencapai 500 hingga 800 orang, setelah vakum karena corona, buka lagi Maret tadi, pengunjung kisaran 400 hingga 800 orang di Minggu pertama. Namun saat ini sudah mulai berkurang pengunjung, dikarenakan hamparan sawah sudah tidak ada, tapi kedepan kami akan inovasi memanfaatkan sawah,” ujar Sahridin, Jumat (9/7).

Sahridin berharap wisata ini disupport oleh Pemerintah Kabupaten Balangan. “Selama ini kami didukung oleh pihak ketiga, karena kami ada di wilayah ring 1 PT Adaro. Mungkin dengan lebih banyak dukungan lagi, kami bisa mengembangkan dan menambah fasilitas lagi di wisata ini,” ucapnya.

Dengan menukarkan tiket seharga Rp 5ribu, pengunjung sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di lokasi wisata ini.

Destinasi wisata ini juga menyediakan titian bambu sepanjang 350 meter yang membentang di hamparan sawah dan dipenuhi dengan spot-spot yang instagramable untuk berswafoto ria. (mid)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI