Selasa, 21 Mei 2024
BerandaKALSELBANJARMASINUpayakan Latih 1000 Naker Per Tahun

Upayakan Latih 1000 Naker Per Tahun

BANJARMASIN – Balai Latihan Kerja (BLK) Kalsel membuka pelatihan untuk para pencari kerja di Banua.

Pelatihan di BLK sendiri mempunyai 11 kejuruan. Yaitu administrasi perkantoran, teknik komputer jaringan, desain grafis, tata boga/perhotelan, operator menjahit pakaian dasar, servis sepeda motor (roda 2), teknik AC mobil dab servis ringan mobil, las industri SMAW 3G, operator mesin bubut, teknik refrigator serta otomasi elektronika.

Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin menyambut baik program tersebut.

“Pelatihan keterampilan memang sangat perlu dilakukan. Agar masyarakat kita bisa lebih berkembang dan siap menghadapi persaingan ketat di dunia kerja,” kata Bang Dhin, sapaan akrab pemuda asal Tanah Bumbu ini.

Namun, Bang Dhin mengakui BLK juga mengalami re-focusing (pemangkasan) anggaran, termasuk tahun 2021 ini. Untuk itu, ia berkomitmen akan berkordinasi ke Kementerian Tenaga Kerja untuk penambahan alokasi dana pusat.

“Saya inginnya, 1000 orang bisa dilatih tiap tahun. Tentunya dengan target dan sasaran peserta yang tepat, serta pelatihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan di Banua,” tuturnya.

Ia berharap pelatihan yang dilakukan BLK melalui tahap telaahan lebih lanjut, apa yang memang sedang dibutuhkan di Kalsel. Sehingga hasil dari pelatihan tersebut dapat digunakan peserta untuk mencari atau membuka lapangan pekerja. (syl)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI