Kamis, 20 Juni 2024
BerandaSPORTOLAHRAGA#SayNoToSuperLeague Warnai Laga Liverpool

#SayNoToSuperLeague Warnai Laga Liverpool

RETORIKABANUA.ID, LEEDS – Liverpool ditahan imbang 1-1 oleh Leeds United dalam partai Premier League 2020/2021 pekan ke-32 yang digelar di Elland Road, Selasa (20/4/2021) dini hari WIB.

Hasil ini membuat The Reds -julukan Liverpool- tertahan di posisi keenam pada klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021 dengan koleksi 53 poin.

Jalannya babak pertama, meski bertindak sebagai tim tamu, Liverpool cukup percaya diri untuk langsung membangun serangan. Trent Alexandar-Arnold bermain sedikit ke depan untuk memberikan suplai dari sisi lapangan.

Tak berselang lama, Diogo Jota gantian memberikan tekanan ke lini pertahanan Leeds United. Akan tetapi, para pemain bertahan tuan rumah masih cukup disiplin untuk menghalau serangan.

Sadio Mane akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-31. Berawal dari kerja sama Diogo Jota dan Trent Alexander-Arnold, bola kemudian dikirim ke Mane yang berdiri tepat dan langsung menyarangkan bola ke jala gawang leeds.

Leeds yang tertinggal tidak mau menyerah begitu saja. Patrick Bamford dkk begitu berambisi untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga turun minum.

Kembali dari kamar ganti, Liverpool mencoba langsung tampil menggebrak. Sayang, peluang yang didapat lewat tembakan Firmino masih bisa digagalkan Illan Meslier.

Setelah itu, Leeds tampil lebih mendominasi penguasaan bola. Bahkan, pasukan Marcelo Bielsa sempat tercatat menguasai bola hingga 71 persen.

Memasuki menit ke-59, wasit Anthony Taylor sempat mengecek VAR menyusul insiden handball yang kemungkinan dilakukan Alexander-Arnold. Taylor pun memutuskan Leeds hanya mendapat corner kick.

10 menit berselang, Leeds hampir saja menyamakan kedudukan andai aksi Jack Harrison tak mampu dimentahkan Alisson. Leeds pun semakin bersemangat menekan pertahanan Liverpool.

Dua peluang emas didapat Leeds. Setelah tembakan voli Patrick Bamford masih membentur mistar gawang, giliran penyelesaian akhir Tyler Roberts yang masih bisa dihalau Fabinho.

Leeds terus berusaha mencari gol penyama kedudukan di sisa pertandingan. Upaya mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-87 lewat aksi Llorente meneruskan assist Jack Harrison. Skor 1-1 pun menjadi hasil akhir laga ini.

Ada fakta menarik dipertandingan kali ini, sebelum pertandingan melawan Liverpool, 700 pendukung Leeds United berkumpul di luar Stadion Elland Road. Mereka menyuarakan suara kontra European Super League. Sementara itu, sebuah pesawat membawa pesan #SayNoToSuperLeague di langit Elland Road.

Seperti yang kita tahu, Europa Super League (ESL) yang menjadi pro kontra saat ini. Liverpool salah satu tim ikut berpartisipasi di ESL, mendapat sindirin dan kecaman oleh suporter Leeds ketika The Reds bertandang ke markas Leeds United.

“Suporter Leeds datang ke sini malam ini dan berteriak kepada kami. Ketika kami berjalan-jalan orang-orang juga meliat ke arah kami. Kami tidak ada kaitan dengan itu.” Pungkas Klopp dikutip di Skysport.

“Kami adalah pekerja kepada klub dan saya rasa bertanggungjawab atas banyak perkara di klub ini. Seandainya saya terlibat dalam perkara-perkara ini maka saya akan terima semua kritikan ini”. Ujar eks pelatih dortmund itu.

“Tetapi kami sama sekali tidak terlibat dalam hal ini. Ini keadaan yang sulit bagi kami pada saat ini. Para petinggi berbicara mengenai klub dan masalah yang saat. Klub ini lebih besar daripada kita semua, itu sesuatu yang tidak boleh kita ketepikan.” Tutup pelatih Liverpool tersebut. (wal)

Susunan pemain Leeds United vs Liverpool:

Leeds United(4-1-4-1): Illan Meslier; Ezgjan Alioski, Pascal Struijk, Diego Llorente, Luke Ayling; Kalvin Phillips; Jack Harrison, Tyler Roberts, Stuart Dallas, Helder Costa; Patrick Bamford.
Pelatih: Marcelo Bielsa

Liverpool (4-3-3): Alisson; Andy Robertson, Ozan Kabak, Fabinho, Trent Alexander-Arnold; Thiago, Giorginio Wijnaldum, James Milner; Sadio Mane, Roberto Firmino, Diogo Jota.
Pelatih: Jurgen Klopp

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI