Jumat, 19 April 2024
BerandaSPORTOLAHRAGARonaldo Frustasi, Belanda Bangkit dari Kubur

Ronaldo Frustasi, Belanda Bangkit dari Kubur

RETORIKABANUA.ID, Sejumlah pertandingan kualifikasi piala dunia zona Eropa 2022 match ke- 2 tersaji laga-laga menarik pada Sabtu hingga Minggu dini hari WIB, 28 Maret 2021.

Salah satunya, Timnas Portugal melakoni tanding kedua Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa melawan Serbia di Stadion Rajko Mitic, Minggu dini hari.

Portugal sebenarnya tampil lebih dominan dalam hal penguasaan bola, yakni mencapai 54 persen. Namun, Serbia menciptakan lebih banyak peluang dalam laga kali ini dengan melepaskan 15 tembakan dan 5 di antaranya mengarah tepat ke gawang Portugal.

Sementara itu, Portugal hanya melepaskan 12 tembakan, 2 mengarah tepat ke gawang Serbia. Portugal tampil lebih menyerang sejak wasit Danny Makkelie meniup peluit tanda pertandingan dimulai.

Laga baru menginjak menit ke-8, Cristiano Ronaldo sudah membuat peluang di depan gawang Serbia. Ia melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti tepat di depan gawang Serbia. Namun, tembakan Ronaldo masih melayang jauh dari gawang Serbia.

Tak butuh waktu lama, Portugal kembali mengancam gawang Serbia pada menit ke-11 dan kali ini berbuah gol. Jota berhasil mengalahkan Nikola Milenkovic dalam duel udara dan melepaskan sundulan ke gawang Serbia.

Dmitrovic tak mampu menghalau bola sundulan Jota dan berbuah gol. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Portugal. Kedua tim sama-sama tampil menyerang usai Jota mencetak gol pertamanya dalam laga kali ini.

Portugal akhirnya kembali mencetak gol pada menit ke-36 dan lagi-lagi Jota menjadi aktor utamanya. Menerima umpan silang dari Cedric Soares, penyerang Liverpool itu melepaskan sundulan yang mengarah ke sisi kanan gawang Serbia, skor 2-0 untuk Portugal.

Babak kedua baru berjalan, Portugal justru kebobolan lewat gol cepat Aleksandar Mitrovic pada menit ke-46. Menerima umpan silang dari Nemanja Radonjic, Mitrovic melepaskan sundulan yang menjebol gawang Anthony Lopes, Skor berubah menjadi 1-2.

Serbia tampil lebih menyerang pada babak kedua dengan menciptakan dua peluang secara beruntun dalam kurun waktu dua menit.

Serbia akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-60 lewat Filip Kostic. Berawal dari skema serangan balik cepat, Radonjic mengirimkan umpan terobosan ke dalam kotak penalti Portugal, skor menjadi 2-2.

Ronaldo cs sebenarnya sempat mencetak gol pada menit ke-90+3 usai mengecoh Dmitrovic lewat sepakan kaki kanannya. Namun, bola yang sudah melewati garis gawang dan tak dianggap menjadi gol oleh wasit.

Ronaldo nampak marah meninggalkan lapangan sambil membanting ban kaptennya. Skor 2-2 menutup pertandingan dan Cristiano Ronaldo secara beruntun gagal mencetak gol dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Selain itu, ada juga dari Grup A di mana Irlandia menyerah 0-1 saat menjamu Luksemburg. Ini adalah kali pertama Luksemburg menang tandang pada laga Kualifikasi Piala Dunia sejak 2008 dan hanya kemenangan keempat dari 125 laga tandang Kualifikasi Piala Dunia/Piala Eropa terakhir mereka.

Di Grup E, Belgia membutuhkan gol Romelu Lukaku untuk terhindar dari kekalahan saat melawat ke Ceko. Skor 1-1 menjadi hasil laga setelah Ceko mencetak gol lebih dulu lewat Lukas Provod.

Bergeser ke Grup G, Belanda bermain di hadapan 5000 suporter di Johan Cruyff Arena, Belanda, sebagai bagian dari eskperimen untuk mengembalikan suporter ke stadion-stadion di Negeri Tulip.

Semua yang datang harus mengunduh dua aplikasi, untuk informasi dan conatct tracing. Mereka juga harus menyediakan hasil tes negatif yang diambil dalam 24 jam terakhir.

Para penonton yang datang pun diberi hiburan dengan kemenangan 2-0 secara dominan di mana Belanda menguasai laga pertandingan tersebut.

Skor pertandingan bisa lebih besar bila bukan karena beberapa kesempatan yang mengenai mistar dan tiang gawang. Tembakan melengkung Steven Berghuis dan tandukan Luuk de Jong membuat Belanda jadi negara Eropa pertama yang mencapai 300 gol di Kualifikasi Piala Dunia.

Masih dari Grup G, Turki menang besar 3-0 saat bertandang ke Norwegia untuk meneruskan performa panas mereka. Ini adalah kali pertama Turki memenangkan kedua laga kualifikasi Piala Dunia pertama mereka. Sebelum ini, Turki menumbangkan Belanda dengan skor 4-2.

Sementara itu, kapten timnas Kroasia, Luka Modric, memecahkan rekor penampilan negaranya saat finalis Piala Dunia 2018 tersebut mengalahkan Siprus 1-0 di Grup H. Laga tersebut menjadi kali ke-135 Luka Modric bermain bagi Kroasia.

Masih dari Grup H, pahlawan Piala Dunia 2018 Rusia, Artem Dzyuba, kembali menjadi pahlawan dengan mencetak dua gol untuk menenggelamkan Slovenia 2-1.

Dzyuba kini mengoleksi 29 gol bagi Timnas Rusia, hanya satu di belakang top skor sepanjang sejarah Rusia, Alexandr Kerzhakov. (wal)

Berikut hasil lengkap laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa macth ke- 2, Sabtu hingga Minggu (28/3) 2021 dini hari:

Grup A
Serbia 2-2 Portugal
Republik Irlandia 0-1 Luksemburg

Grup E
Belarusia 4-2 Estonia
Republik Ceko 1-1 Belgia

Grup G
Montenegro 4-1 Gibraltar
Belanda 2-0 Latvia
Norwegia 0-3 Turki

Grup H
Rusia 2-1 Slovenia
Kroasia 1-0 Siprus
Slovakia 2-2 Malta

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI