Senin, 24 Juni 2024
BerandaKALSELBALANGANMusrenbang RPJPD 2025 - 2045 Balangan Digelar

Musrenbang RPJPD 2025 – 2045 Balangan Digelar

BALANGAN – Bupati Balangan, Abdul Hadi melakukan upaya reformasi birokrasi untuk memicu akselerasi pembangunan di daerah setempat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025 – 2045 di Mahligai Mayang Maurai, Kamis (16/5).

Abdul Hadi dalam pemaparannya menyampaikan, pemerintah daerah serta pihak terkait lainnya akan berusaha semaksimal mungkin mengupayakan penyusunan rencana pembangunan yang berkelanjutan di kabupaten setempat.

“Melalui tahapan reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah daerah, mampu mengakselerasi percepatan pembangunan di Kabupaten Balangan, baik pembangunan jangka menengah maupun jangka panjang ke depan,” katanya.

Pemerintah daerah juga menerima saran dan masukan dari berbagai pihak dalam proses menentukan arah kebijakan dari rencana pembangunan yang saat ini masih berjalan dan terus ditingkatkan dalam berbagai bidang maupun sektor.

“Masukan dan saran dari berbagai pihak dapat membantu pemerintah untuk menentukan arah kebijakan yang nantinya diambil pemerintah dalam membangun dan menata Kabupaten Balangan kedepan sebagai tonggak dari Ibu Kota Negara (IKN),” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Rakhmadi Yusni dalam laporannya menyampaikan, Musrenbang kali ini mendatangkan narasumber dari Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Banjarmasin, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Bappeda Kalsel.

“Pelibatan ini bertujuan untuk menggali berbagai partisipasi dari berbagai pihak untuk menciptakan rasa memiliki serta kesamaan langkah dalam menentukan arah kebijakan Kabupaten Balangan 20 tahun ke depan,” ucapnya.

Yusni berharap, melalui kegiatan ini berbagai pihak serta stakeholder yang ada memberikan kontribusi atau saran demi memaksimalkan penyempurnaan penyusunan RPJPD.

“Kabupaten Balangan sendiri hanya satu kali membuat RPJPD untuk 20 tahun, dan yang pertama pada 2005- 2025 yang hampir berakhir ini,” katanya.

Berbagai macam tahapan yang dikerjakan Bapperida Balangan dalam menyusun RPJPD 2025- 2045 dengan cara melakukan evaluasi dari hasil capaian RPJPD 2005-2025.

Menurutnya, ini adalah siklus, jadi harus melakukan evaluasi atas capaian RPJPD yang sebelumnya. Rangkaian forum Focus Group Discussion (FGD) dalam pembahasan pentususnan RPJPD yang dimaksud juga dilakukan.

Dilaksanakannya Musrenbang RPJPD Balangan 2025- 2045 tentunya masih belum selesai, dikarenakan akan ada perbaikan rancangan, menjadi rancangan akhir RPJPD yang akan diserahkan ke Inspektorat Balangan, paling lambat pada minggu ketiga Mei 2024.

Selanjutnya direview oleh inspektorat, yang nantinya disampaikan dalam pembahasan dan rancangan Perda RPJPD bersama DPRD pada Mei dan Juni. Terakhir Bupati Balangan akan menetapkan rancangan Perda yang telah dievaluasi oleh provinsi sekitar bulan Agustus. (bii)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI