Selasa, 21 Mei 2024
BerandaKALSELBANJARMASINKadin Kalsel Gelar Rapimprov 2021

Kadin Kalsel Gelar Rapimprov 2021

BANJARMASIN – Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kalsel digelar di Hotel Kindai Best Western Jalan A Yani km 4,5 Kota Banjarmasin, Senin (11/1). Rapat kali ini mengangkat tema “ Era Peradaban Baru UMKM Kalsel Go Digital, Melawan Krisis Ekonomi dengan Pemberdayaan UMKM sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19.”

Hadir dalam Rapimprov, Asisten II Bidang Perekonomiaan dan Pembangunan Pemprov Kalsel H Syaiful Azhari, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin, Ketua Umum Kadin Kalsel H Eddy Suryadi, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perbatasan RI 2013-2015 H Endang Kesumayadi, dan unsur Forkopimda, serta seluruh pengurus Kadin di kabupaten/kota di Kalsel.

“Kita perlu mengembangkan dan mengoptimalkan sektor pariwisata, UMKM, dan pengembangan riset digital. Di tahun 2021 ini, kita punya harapan dan rasa optimistis untuk bisa bangkitm” kata Syaiful Azhari saat menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Ketua Kadin Kalsel H Eddy Suryadi pada kesempatan itu menyampaikan peraturan daerah mengenai perlindungan pengusaha telah terbit. Namun peraturan gubernur terkait perda belum ada. Sebab itu, ia berharap pemprov untuk menindaklanjuti perda tersebut.

“Peraturan daerah tanpa peraturan gubernur hanyalah sebuah kertas kosong. Saya berharap kepada pemerintah provinsi dan memohon kepada gubernur untuk membuat peraturan terkait perda perlindungan pengusaha. Mengingat 95 persen pengusaha kita adalah UMKM,” kata Eddy.

Kegiatan Rapimprov Kadin Kalsel 2021

Ketua pelaksana kegiatan Rizali Lutfi mengatakan, Kadin Kalsel harus kompak dan bersinergi dengan Pemprov Kalsel. Rapimprov tahun 2021 ini tujuannya untuk menetapkan sasaran program kerja tahunan, evaluasi koordinasi, singkronisasi dan upaya sinergitas dalam perencanaan dan pelaksanaan program kerja antar jajaran.

“Rapimprov ini juga merumuskan dan menyelesaikan masalah, baik itu di tingkat kabupaten/kota ataupun di tingkat provinsi,” ucapnya.

Setelah acara pembukaan, digelar dialog. Menghadirkan Wakil Ketua DPRD Kalsel sekaligus Wakil Ketua Umum Bidang Koperasi, UMKM, dan Industri Kreatif Kadin Kalsel M Syaripuddin, Wakil Kepala Perwakilan Bank Indonesia Rahmat Dwi Saputra, Kepala Dinas Koperasidan UMKM Kalsel Gustafa Yandi, Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat, dan perwakilan dari PLN Kalimantan Selatan-Tengah.

Rapimprov Kadin Kalsel 2021 yang digelar dari pagi hingga sore ini juga dimeriahkan Bazar UMKM Kalsel di arena kegiatan. Aneka produk dijual di sana. (*)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI