Sabtu, 24 Februari 2024
BerandaKALSELBuka Mimbar Bebas, Mahasiswa: Kami Kecewa!

Buka Mimbar Bebas, Mahasiswa: Kami Kecewa!

retorikabanua.id, BANJARMASIN – Ribuan mahasiswa turun ke jalan, Kamis (15/10) kemarin. Mereka mengepung gedung DPRD Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin. Aksi demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law itu dikawal sedikitnya 1.500 aparat gabungan, kepolisian dan TNI.


Suasana sejuk setelah turun hujan berubah memanas. Pekikan hidup mahasiswa, silih berganti berkumandang. Disambut serempak mahasiswa lainnya. Suaranya bergemuruh. Mimbar bebas digelar. Berbagai orasi bergantian disampaikan. Dengan corong pengeras suara mereka menyampaikan sikap, yel-yel, dan pembacaan puisi.


Hendrik (22) , yang tergabung aksi unjuk rasa ini menyatakan mereka turun kembali ke jalan. Sebab, aspirasi dan tuntutan mahasiswa di Kalsel agar UU Cipta Kerja dicabut, tak dikabulkan.


“Saya dan kawan-kawan turun ke jalan lagi, atas nama Aliansi Mahasiswa se-Kalsel,” kata mahasiswa dari UIN Antasari Banjarmasin ini.
Mereka datang bukan untuk menemui para wakil rakyat di DPRD Kalsel. Tetapi hanya untuk menyatakan sikap tak puas dengan aspirasi yang tak tersalurkan. “Kami sudah mewanti-wanti agar diterbitkan Perpu, tapi prosesnya lewat begitu saja,” ungkapnya.


Demonstrasi jilid II ini digelar pada pukul 14.00 Wita. Akibat unjuk rasa, beberapa ruas jalan dari Anang Adenansi dan Lambung Mangkurat ditutup total. Polisi yang berjaga melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan cara mengarahkan pengguna jalan ke jalan lainnya.


Aksi ini digelar karena kekecewaan mahasiswa pada aksi sebelumnya, Kamis (8/10). Mahasiswa menilai anggota dewan tidak menepati janji. Ketua DPRD dan Plt Gubernur Kalsel sudah sudah menandatangani petisi menemui langsung Presiden RI untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa. Bahkan, pada hari itu juga mereka bertolak ke Istana Negara.


Nyatanya, perwakilan yang berangkat hanya memberikan nota kesepahaman tersebut kepada staf istana dan tidak bertemu presiden. Hal tersebut dikarenakan Presiden Joko Widodo pergi ke Kalimantan Tengah untuk memeriksa lumbung pangan. “Sungguh mengecewakan. Kami kecewa,” teriak para mahasiwa. (has)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

BERITA TERKINI